ASTRI, TERA KHUSNA (2021) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN PRIBADI PESERTA DIDIK KELAS XI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMK N 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian berjudul Upaya guru bimbingan dan konseling dalam pengembangan pribadi peserta didik kelas XI melalui penggunaan media sosial di SMK N 7 Bandar Lampung dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang di berikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam pengembangan pribadi peserta didik dari penggunaan media sosial nya, di dapati 4 peserta didik yang mengalami permasalahn dalam penggunaan media sosial sehingga hal tersebut berdampak pada pribadi nya seperti tidak mengikuti pembelajaran daring, tidak ada daftar kehadiran, tidak mengerjakan tugas, malas, cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif naratif, merupakan suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dan menulis naratif dari pengalaman individu, naratif biasanya fokus pada penelitian satu orang, dan mendapatkan data dari pengumpulan cerita. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang ada di lapangan secara jelas mengenai situasi nya. Data dan informasi yang di peroleh tersebut berasal dari metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan di lakukan triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa: upaya guru bimbingan dan konseling dalam pengembangan pribadi peserta didik kelas XI melalui penggunaan media sosial. Dalam pengembanga pribadi melalui penggunaan media sosial yaitu: 1) guru bimbingan dan konseling melakukan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait 2) membuat program RPL, sarana dan prasarana yang di butuhkan 3) melaksanakan home visit 4) iiimelaksanakan bimbingan pribadi secara online maupun offline sesuai kebutuhan peserta didik. Melaui pengembangan pribadi guru bimbingan dan konseling mampu memperbaiki penggunaan media sosial peserta didik dengan baik, dan di harapkan tidak ada peserta didik yang menyalahgunakan media sosial kembali, dan di harapkan dapat menggunakan dan memanfaat kan penggunaan media sosial untuk hal-hal yang baik dan positif. Kata Kunci: Upaya guru bimbingan dan konseling, Pribadi, Media Sosial. ivABSTRACT The research entitled Guidance and counseling teacher efforts in the personal development of class XI students through the use of social media at SMK N 7 Bandar Lampung in this study aims to find out what efforts are given by guidance and counseling teachers in the personal development of students from the use of social media. It was found that 4 students experienced problems in using social media so that it had an impact on their personality such as not participating in online learning, not having an attendance list, not doing assignments, being lazy, tending to withdraw from the social environment. The method used in this study is descriptive descriptive qualitative research, which is a research procedure that produces descriptive data in the form of written and spoken words from people and observed behavior and writes narratives from individual experiences, narratives usually focus on one person's research, and get data from story collection. This researcher uses a type of field research (field research), which describes and describes the conditions and phenomena that exist in the field clearly regarding the situation. The data and information obtained were derived from the method of interview, observation and documentation by triangulation of sources as the validity of the data. Based on the results of the study, it can be concluded that: the efforts of guidance and counseling teachers in the personal development of class XI students through the use of social media. In personal development through the use of social media, namely: 1) guidance and counseling teachers collaborate with related parties 2) make RPL programs, facilities and infrastructure needed 3) carry out home visits 4) carry out personal guidance online and offline as needed learners. Through personal development, guidance and counseling vteachers are able to improve students' use of social media well, and it is hoped that no students will abuse social media again, and it is hoped that they can use and take advantage of the use of social media for good and positive things. Keywords: Guidance and counseling teacher efforts, Personal, Social Media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 03:26 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:26 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16101 |
Actions (login required)
View Item |