IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Lestari, Dewi Tri (2017) IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_DEWI_BARU.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar sangatlah penting bagi peserta didik, sehingga kemandirian belajar peserta didik yang rendah menjadi pesoalan dalam dunia pendidikan. Kondisi ini terlihat dari peserta didik yang kurang berminat dalam mengikuti setiap mata pelajaran. Peserta didik yang mengalami berbagai permasalahan dalam pendidikan, salah satunya adalah rendah kemandirian belajar. Sehingga diharapkan permasalahan peserta didik tersebut bisa di bantu penyelesainya oleh guru, yang pada akhirnya masalah rendah kemandirian belajar ini tidak mengganggu perkembangan dan pertumbuhanya. Masalah pada penelitian ini adalah pengaruh kemandirian belajar peserta didik masih rendah. Rumusan masalahnya adalah seberapa berpengaruh teknik analisis trans aksional dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VII C di MTs N 3 Lampung Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik analisis transaksional dengan menggunakan konseling kelompok sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif experimen dengan metode menggunakan design one group prettest - posttest . Sampel yang digunakan penelitian ini adalah sebanyak 12 peserta didik dari kelas VII C MTs N 3 Lampung Utara hasil dari skor tertinggi penyebaran angket kemandirian belajar sebanyak 20 item. Angket yang digunakan sebagai prettest dan posttest. Hasil rata-rata skor kemandirian belajar sebelum mengikuti konseling kelompok dengan teknik teknik analisis transaksional adalah 53,66 dan setelah mengikuti konseling kelompok dengan teknik analisis transaksional meningkat menjadi 72. dari hasil uji t dengan (df)=11 taraf signifikan sebesar -6,768. Karena nilai thitung ≤ t tabel (≤ 1,796) , maka Ho di tolak dan Ha diterima yang berarti teknik analisis transaksional berpengaruh dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di MTs N 3 Lampung Utara. Kata kunci: kemandirian belajar teknik analisis transaksional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:49
Last Modified: 28 Feb 2017 01:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item