PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 13 BANDAR LAMPUNG

CHINTYA, JUMAITUL KURNIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 13 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 13 BANDAR LAMPUNG Oleh Chintya Jumaitul Kurnia Kemampuan berpikir kritis berarti mampu membuat keputusan dengan tepat dan mampu memecahkan masalah. Sikap ilmiah adalah tingkah laku peserta didik yang berkaitan dengan sikap terhadap IPA. Berdasarkan hasil pra penelitian kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik rendah. Proses pembelajaran cenderung mengarah pada pendidik, menyebabkan peserta didik kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kurang memunculkan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap sikap ilmiah, dan (3) pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan posttest-only control group design. Teknik sampling menggunakan acak kelas. Teknik pengambilan data berupa soal esai dan angket berupa skala likert. Penelitian menggunakan uji multivariate analysis of variance (manova) menggunakan SPSS versi 22, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka H1 diterima artinya model pembelajaran berdasarkan masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Uji between-subjects effects, diperoleh data kemampuan berpikir kritis dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka H1 diterima artinya model pembelajaran berdasarkan masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data sikap ilmiah dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka H1 diterima artinya model pembelajaran berdasarkan masalah berpengaruh terhadap sikap ilmiah peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:55
Last Modified: 22 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16098

Actions (login required)

View Item View Item