ANALISIS IMPLEMENTASI PENJUALAN SUKUK RITEL MENGGUNAKAN AKAD IJARAH ASSET TO BE LEASED DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung)

Ardiyansyah, Rambe (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PENJUALAN SUKUK RITEL MENGGUNAKAN AKAD IJARAH ASSET TO BE LEASED DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perekonomian Indonesia akan semakin baik apabila didukung dengan insfrastruktur yang memadai. Untuk mewujudkan infrastruktur yang lebih baik dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Salah satu langkah yang dilakukan Pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) berupa Sukuk Ritel yang saat ini sudah terbit hingga seri SR-014. Salah satu Bank Syariah yang ditunjuk oleh Pemerintah sebagai Agen Penjual yaitu PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi penjualan Sukuk Ritel menggunakan akad Ijarah Asset To Be Leased pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung?, (2) Bagaimana implementasi penjualan Sukuk Ritel menggunakan akad Ijarah Asset To Be Leased pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung dalam Perspektif Ekonomi Islam? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang mana pengumpulan data primer dilakukan dengan metode wawancara dengan bagian BDM Funding and Weath Management, praktisi serta akademisi dan dokumentasi dari PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung, sedangkan untuk data sekunder peneliti menggunakan dokumen, jurnal, peraturan, buku-buku, dan karya ilmiah yang berkaitan dengan teori ijarah (sewa-menyewa), Sukuk, SBSN, dan penerapan akad ijarah dalam penerbitan Sukuk. Setelah data penelitian terkumpul selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi penjualan Sukuk Ritel menggunakan akad Ijarah Asset To Be Leased dalam Perspektif Ekonomi Islam pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung sudah sesuai berdasarkan Undang-Undang No.19 Tahun 2008 Tentang SBSN, Sukuk Ritel yang diterbitkan tersebut memiliki underlying asset (barang atau manfaat) yaitu proyek pembiayaan APBN berupa pembangunan. Sukuk Ritel dalam proses penjatahan dan setelmen (penerbitan) Sukuk Ritel dan pembelian Sukuk Ritel dapat dilakukan secara langsung di BMI Cabang Lampung dan juga secara online melalui m-banking BMI setelah nasabah membuka rekening untuk melakukan pembelian. Implementasi penjualan Sukuk Ritel menggunakan akad Ijarah Asset To Be Leased dalam Perspektif Ekonomi Islam pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung dinilai telah sesuai dengan iii prinsip-prinsip syariah, sejalan dengan ketentuan-ketentuan terkait penjualan Sukuk Ritel berdasarkan pada Fatwa DSN-MUI No.76/DSN-MUI/VI/2010 Tentang SBSN Ijarah Asset To Be Leased, dan juga telah terhindar dari berbagai macam diantaranya ketidakjelasan (gharar), bunga atau tambahan (riba), perjudian (maysir) dan juga kemudharatan (dharar). Kata kunci: Agen Penjual, Sukuk Ritel, Ijarah Asset To Be Leased.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:21
Last Modified: 22 Oct 2021 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16094

Actions (login required)

View Item View Item