PERANAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 9 DI MTS NU KRUI PESISIR BARAT

Wahyu, Hidayat (2021) PERANAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 9 DI MTS NU KRUI PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Wahyu Hidayat_1611010558.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi pembelajaran adalah kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan. Sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami pembelajaran yang di sampaikan oleh pendidik. Permaslahan yang di temukan di lapangan adalah ada saja siswa yang merasa bosan dalam pembalajaran sejarah kebudayaan islam dan merasa kurangnya motivasi dalam belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana peranan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI Kelas IX di MTs NU Krui, Pesisir Barat. Dengan tujuan tujuan agar dapat mengetahui peranan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa/i. Oleh karna itu penelis sangat ingin mengetahui peran teknologi pembelajaran pada mata pelajaran SKI Kelas IX di MTs NU Krui, Pesisir Barat. Jenis Penelitian ini tergolong sebagai penelitian lapangan (field research) dengan bentuk penelitian kualitatif deskriptif. pengambilan sempel sumber data dilakukan secara purposive, teknik pengumpulan data dengan tringulasi (gabungan), analisis data bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik-teknik field research (penelitian lapangan) menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah pengumpulan data dalam periode tertentu (reduction, data display, dan conclution drawing/verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI Kelas IX di MTs NU Krui Pesisir Barat, sudah berjalan dengan baik, di lihat dari terlaksananya penggunaan teknologi pembelajaran di sekolah tersebut telah menggunaan teknologi pembelajaran dalam penyampaian materi sejarah kebudayaan islam. Sehingga penelitian ini mendapatkan hasil belajar yang meningkat. Kata kunci : teknologi pembelajaran, pendidikan agama islam, sejarah kebudayaan islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:17
Last Modified: 21 Oct 2021 08:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item View Item