TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK UPAH PEKERJA BAJU SULAM USUS DENGAN UPAH YANG DITANGGUHKAN (Studi di Butik Sulam Usus Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung)

ATHALAILI GENA, YULIANDARI (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK UPAH PEKERJA BAJU SULAM USUS DENGAN UPAH YANG DITANGGUHKAN (Studi di Butik Sulam Usus Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  FULL ATHALAILI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik upah mengupah ini pun terjadi pada Butik Sulam Usus di Kelurahan Pematang Kec. Tanjung Senang Bandar Lampung, yang terjadi antara pengusaha baju sulam usus dan pekerja pembuatan baju sulam usus. Dalam pembuatan baju sulam usus ini pengusaha menggunakan sistem kebutan, yaitu saat pembuatan baju sulam usus, pengusaha akan membatasi waktu penyelesaian baju sulam usus tersebut, misalnya pengusaha memberikan batas waktu 2 minggu maka pekerja pembuatan baju sulam usus itu diharuskan menyelesaikan dalam waktu tersebut. Tetapi untuk pembayaran upah pekerja tidak langsung menerima upahnya pada saat itu juga, pekerja harus menunggu baju sulam usus tersebut terjual atau dilunasi oleh pemesan baju. Hal tersebut menimbulkan kerugian salah satu pihak yaitu pihak pekerja (buruh) pembuatan baju sulam usus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik upah pekerja pembuatan baju sulam usus dengan pembayaran yang ditangguhkan pada Butik Sulam Usus di Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik upah pekerja pembuatan baju sulam usus dengan pembayaran yang ditangguhkan pada Butik Sulam Usus di Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secermat mungkin tentang sesuatu yang menjadi objek, gejala, atau kelompok tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Dinamakan studi lapangan karena tempat penelitian ini di lapangan kehidupan. Karena itu data yang dianggap sebagai data primer adalah data yang diperoleh dari lapangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah Praktik upah pekerja baju sulam usus dengan sistem kebutan di Kelurahan Pematang Wangi, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung merupakan praktik yang terjadi antara pengusaha baju sulam usus dengan pekerja pembuatan baju sulam usus. Praktik tersebut diawali dengan akad perjanjian secara tidak tertulis, namun dengan menggunakan sistem kepercayaan antara kedua belah pihak. Pada praktiknya pekerja pembuatan baju sulam usus menggunakan sistem kebutan, yang mana pekerja harus menyelesaikan pekerjaannya dalam batas waktu yang sudah ditentukan oleh pemilik butik. Sedangkan tinjauan hukum Islam tentang praktik upah pekerja pembuatan baju sulam usus dengan sistem kebutan pada butik Dewi di Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung tidak boleh dilakukan apabila pembayaran upahnya ditangguhkan, karena tidak sesuai dengan akad perjanjian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:12
Last Modified: 21 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16085

Actions (login required)

View Item View Item