IMPLEMENTASI MANAJEMEN RANTAI NILAI GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOPI GHEMA DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM

Alimaturrosidah, Alimaturrosidah (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN RANTAI NILAI GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOPI GHEMA DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kopi merupakan salah satu komoditas yang memiliki potensi yang sangat tinggi dilampung. Kualitas kopi lampung sangat bagus sehingga sehngga mampu bersaing dengan negara lain. Pada saat ini persaingan dalam berbisnis sangatlah ketat, dari mulai banyaknya usaha yang sama didirikan seperti produk atau jasa yang sama ditawarkan pada suatu pasar. Manajemen rantai nilai merupakan seluruh aktivitas perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan suatu produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Manajemen rantai nilai dalam perusahaan ini sangatlah berperan penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Tujuan yang ada di skripsi ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Manajemen Rantai Nilai Guna Meningkatkan Daya Saing Produk Kopi Ghema dan Untuk mengetahui Manajemen Rantai Nilai Guna Meningkatkan Daya Saing Produk Kopi Ghema dalam Perspektif Bisnis Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field risearch) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data penelitian ini ada dua sumber yaitu sumber data primer, metode pengambilan data primer dilakukan dengan cara wawancara dan observasi langsung terhadap owner di Usaha Kopi Ghema dan sumber data sekunder, untuk mendapatkan data sekunder dari Usaha Kopi Ghema berupa data target kondisi objektif di Usaha Kopi Ghema seperti sejarah berdirinya Usaha Kopi Ghema, visi dan misi, proses produksi Kopi Ghema yang dilakukan Usaha Kopi Ghema, sarana dan prasarana, yang ada di Usaha Kopi Ghema. Metode pengumpulan data dengan cara Observasi (Pengamatan), Wawancara (Interview), dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Implementasi manajemen rantai nilai (value chain) dalam meningkatkan daya saing produk kopi ghema dibagi menjadi 2 aktivitas yaitu : 1) Rantai Nilai Aktivitas Primer (Logistik Kedalam (Inbound Logistics) , Operasi, Logistik Keluar (Outbound Logistics), Pemasaran dan Penjualan, Pelayanan). 2) Rantai Nilai Aktivitas Pendukung (Pengadaan, Pengembangan Teknologi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Infrastruktur Perusahaan). Penerapan aktivitas manajemen rantai nilai dalam kopi ghema sudah cukup baik dan sudah sesuai dengan penerapan prinsip etika bisnis islam. Dan hampir setiap aktivitas yang ada pada kopi ghema didasari dengan pedoman Al-qur’an dan Hadits atau berdasarkan syariah islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:42
Last Modified: 21 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

View Item View Item