ANALISIS TINGKAT BERFIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Ningrum , Indri Aristya (2017) ANALISIS TINGKAT BERFIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Ningrum.pdf]
Preview
PDF
Download (63MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung diketahui bahwa, proses belajar yang selama ini terjadi masih kurang mencapai hasil yang memuaskan karena masih terdapat sebagian peserta didik yang masih mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), ini mengidentifikasi bahwa hasil belajar peserta didik belum maksimal. Peserta didik juga masih banyak yang menjawab soal dengan tidak terperinci atau secara singkat, peserta didik juga hanya dapat menyelesaikan soal dengan satu metode atau cara penyelesaian saja, peserta didik masih ada yang menjawab soal tidak berdasarkan fakta yang terdapat pada soal tersebut, dan peserta didik juga masih belum bisa mengembangkan gagasan atau idenya. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan berfikir kreatif yang cukup sehingga dapat dikatakan bahwa peserta didik telah paham terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis : tingkat berfikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Bandar Lampung ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Subyek penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan AQ tipe climbers termasuk pada tingkat 3 (kreatif). Peserta didik dengan AQ tipe campers termasuk pada tingkat 2 (cukup kreatif). Peserta didik dengan AQ tipe quitters termasuk pada tingkat 0 (tidak kreatif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:58
Last Modified: 18 Oct 2017 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item