PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUMDES (Badan Usaha Milik Desa ) SWADESA ARTA MANDIRI DESA WONOMARTO KABUPATEN LAMPUNG UTARA

MUHAMMAD, SAFERI (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUMDES (Badan Usaha Milik Desa ) SWADESA ARTA MANDIRI DESA WONOMARTO KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Desa merupakan salah satu tempat yang potensial bagi perekonomian suatu Negara. Disinilah banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan, salah satu nya ialah pemanfaatan kotoran ternak yang dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kemudian ada bebrapa potensi lokal juga yang dpat dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Wonomarto Kabupaten Lampung Utara antara lain daun kelor dan buah pare yang di ubah menjadi keripik. Maka dengan itu BUMDes Swdesa Artha Mandiri hadir ditengah tengah masyarakat, bertujuan untuk memberdayaka masyarakat dan dapat mengembangkan kapasitas masyarakat. Maka dengan itu BUMDes Swadesa Artha Mandiri membentuk kelompok usaha, agar memudahkan masyarakat dalam menjalankann aktivitas nya seperti memanfaatkan ternak kotoran kambing,daun kelor dan buah pare. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Fungsi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Swadesa Arta Mandiri Dalam Memberdayakan Masyarakat Di Desa Wonomarto Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan Partisipan, menggunakan teknik Purposive sampling. Partisipan ini berjumlah 15 orang. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis, menunjukkan bahwa proses pemberdayaan Masyarakat melalui BUMDes berjalan dengan baik melalui tahap-tahap Penyuluhan, Pembentukkan Kelompok Usaha, Pelatihan dan Pendampingan, maka dengan ini masyarakat di Desa Wonomarto kabupaten Lampung Utara memanfaatkan potensi lokal yang ada di wilayah tersebut dengan memanfaatkan kotoran ternak kambing untuk dijadikan sebagai Pupuk Kompos,daun kelor yang di olah menjadi keripik daun kelor serta buah pare yang di ubah menjadi keripik pare. Kata Kunci. Pemberdayaan Masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:38
Last Modified: 21 Oct 2021 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16079

Actions (login required)

View Item View Item