PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Wali Murid SMP Negeri 11 Bandar Lampung)

Waryati, Ahmad Marjen (2021) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Wali Murid SMP Negeri 11 Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUST BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Waryati_1711010309.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Wali Murid SMP Negeri 11 Bandar Lampung) Oleh WARYATI 1711010309 Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pandemi yang terjadi di tahun 2020 yang disebabkan oleh wabah virus Covid-19 yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, salah satunya pendidikan. Dikarenakan situasi dan kondisi yang mengkhawatirkan, maka Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing secara daring demi pemutusan penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran yang dulu dilaksanakan secara tatap muka di dalam kelas bersama dengan guru dan teman-teman kini harus dilakukan secara jarak jauh di rumah masing-masing dan tanpa disertai teman melainkan didampingi oleh orang tua. Hal tersebut menimbulkan berbagai persepsi dari para orang tua. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Pembelajaran PAI Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Wali Murid SMP Negeri 11 Bandar Lampung) yang merupakan salah satu metode dalam dunia pendidikan dan belum banyak digunakan di lembaga pendidikan Indonesia sebelumnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode dekriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triagulasi sumber data. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya pada aspek minat, berdasarkan analisis hasil bahwa mayoritas orang tua atau wali murid SMP Negeri 11 Bandar lampung tidak menyukai dengan adanya pembelajaran daring atau online dalam jangka waktu yang panjang dan masih belum efektif. Pada aspek perhatian, berdasarkan analisis bahwa seluruh peserta didik memiliki media penunjang seperti handphone, komputer, ataupun laptop. Pada aspek lingkungan, berdasarkan analisis hasil bahwasannya peran orang tua dalam membantu anaknya ketika belajar online sangat berpengaruh besar. Kata Kunci : Persepsi, Orang Tua, Pembelajaran PAI Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:52
Last Modified: 21 Oct 2021 05:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16077

Actions (login required)

View Item View Item