ANALISIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER MENURUT HAJI ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH (HAMKA)

MUHAMMAD, ARKHANUL KHAMSI (2021) ANALISIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER MENURUT HAJI ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH (HAMKA). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD ARKHANUL KHAMSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini menganalisis pemikiran Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) tentang Pendidikan Islam kontemporer. Terdapat dua masalah dalam penelitian Skripsi ini, yaitu bagaimana metode Pendidikan Islam yang diajarkan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dan bagaimana relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer? Tujuan dalam penelitian ini yaitu dapat mengetahui metode Pendidikan Islam yang diajarkan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dan relevansinya di era kontemporer. Metode dalam penelitian ini yaitu metode studi kepustakaan (library research). Metode ini menekankan pada pemikiran seorang tokoh yang dikumpulan menjadi data dan informasi melalui berbagai bahan yang ada diperpustakaan seperti buku refrensi, artikel, catatan dan jurnal. Dengan pendekatan deskriptif analisis deduktif yang telah dianalisa dari bermacam-macam sumber baik itu primer maupun sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Terkait hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa metode Pendidikan Islam menurut Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) ada empat, yaitu metode hikmah, metode nasihat, metode diskusi, dan metode observasi. Melalui keempat metode tersebut secara keseluruhan menunjukan bahwa pembentukan dan penanaman moral dan akhlak sejak kecil dalam proses Pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Menurut Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) keterampilan Pendidikan ayah-bunda dalam mendidik anak sejak kecil merupakan penolong guru. Dan kebalikannya apabila anak tidak diperhatikan dan dibiarkan oleh ayah-bunda nya. Serta dipasrahkan saja dengan guru, dan berfikir mampu mendidik, serta memimpin seorang diri. Sedangkan dia bersikap acuh tak acuh, maka yang terjadi dalam kenyataannya tidak berhasil dengan yang diharapkan. Menurut pandangan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) Pendidikan Islam kontemporer, sedang dihadapi dengan sekolah hanyalah sekolah, Pendidikan yang melenyapkan karakter, berlimpah ilmunya tapi akhlak nya kurang. Akhirnya menimbulkan anak-anak tidak tau arah tujuan hidupnya, tak bisa berkhidmat kepada nusa dan bangsa. Banyak juga sekolah yang mengajarkan agama namun tidak mendidikan agama, sehingga menghasilkan anak-anak muda yang bahasa arab nya bagaikan air mengalir, namun budi nya rendah. Oleh karena itu metode yang diajarkan Haji Abdul Malik Karim Amrullah dapat dikatakan masih relevan untuk diterapkan dalam pondok pesantren modern, madrasah maupun sekolah Islam terpadu. Kata Kunci : Pemikiran, Pendidikan Islam Kontemporer, Haji Abdul Malik Karim Amrullah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:30
Last Modified: 21 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16069

Actions (login required)

View Item View Item