PENERAPAN MODEL BEYOND CENTERS and CIRCLE TIME UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RA BERDIKARI SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN

AMNANTI, MEGA SARI (2021) PENERAPAN MODEL BEYOND CENTERS and CIRCLE TIME UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RA BERDIKARI SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Amnanti Megasari_ 1311070039.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi karena kompetensi pedagogik sangatlah penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan tumbuh kembang anak melalui kegiatan belajar mengajar yang dilakukan disekolah. Beyond centres and circle time merupakan model tujuh sentra dan empat pijakan didalamnya. Berdasarkan hal tersebut guru dapat melakukan proses belajar mengajar dengan berbagai sentra, diantaranya sentra persiapan,balok, bahasa, musik dan kreativitas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru RA Berdikari dengan menerapkan metode beyond centers and circle time di sekolah. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu: “Apakah Model Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dapat Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru RA Berdikari Sidomulyo Lampung Selatan ?”. Subjek dalam penelitian ini adalah responden (20 siswa dan 2 guru serta kepala sekolah RA Berdikari Sidomulyo Lampung Selatan) metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknis pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Sedangkan objek penelitian ini adalah masalah yang diteliti yaitu: “Penerapan Model Beyond Centers and Circle Time untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru RA Berdikari Sidomulyo Lampung Selatan”. Hasil analisis data menunjukan pada siklus I sebesar 56,6 % yang berada pada krikteria rendah mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 71,6 % tergolong krikteria sedang mengalami peningkatan baik pada siklus III sebesar 90 % yang berada pada krikteria tinggi. Jadi terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam penerapan metode Beyond Center and Circle Time di RA Berdikari Sidomulyo Lampung Selatan. Kata Kunci : Penerapan Metode Beyond Centers and Circle Time, Kompetensi Padagogik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:57
Last Modified: 21 Oct 2021 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16062

Actions (login required)

View Item View Item