ANALISIS PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFANBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI SD NEGERI 02 KEMILING PERMAI BANDAR LAMPUNG

SELLY, ANIZA PUTRI (2021) ANALISIS PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFANBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI SD NEGERI 02 KEMILING PERMAI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi SELLY ANIZA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Penerapan Metode Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V DiSD Negeri 02 Kemiling PermaiBandar Lampung”.Keaktifan dalam belajar itu sangat penting, jadi diperlukan metode yang inovatif, dari banyaknya metode salah 1 metode yang tepat adalah Project Based Learning (PjBL) karena PjBL memberi kesempatan pada siswa agar aktif dalam mencari suatu in�formasi, memecahkan masalah, melibatkan siswa saat belajar untuk membuat proyek, serta dapat bekerja sendiri maupun kelompok se�hingga mendapatkan suatu produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Selanjutnya penyajian datanya peneliti menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu berupa kata – kata tertulis dari subyek. Menggunakan deskriptif karena penulis memaparkan secara faktual dan objektif berdasarkan hasil yang telah didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran, karena pada saat belajar siswa su�dah menunjukkan keaktifannya mulai dari mau bertanya kepada guru, siswa mengeluarkan ide nya serta menyelesaikan suatu proyeknyadan kesimpulan Penerapan Metode Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn sudah berjalan dengan baik namun perlu ditingkatkan lagi untuk siswa nya karna masih kurang aktif dalam belajar. Kata Kunci : Keaktifan Belajar Siswa, Metode Project Based Learning (PjBL), Pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:07
Last Modified: 19 Oct 2021 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16060

Actions (login required)

View Item View Item