PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN ANALITIS MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG

DWI, NURMALASARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN ANALITIS MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi DWI NURMALASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran matematika analisis sangatlah penting, dikarenakan jika kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik baik maka dalam belajar matematika analisis untuk menyelesaikan permasalah dikatakan lebih baik. Berdasarkan dari hasil pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung untuk kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik tergolong kategori rendah yaitu dimana peserta didik masih mendapatkan nilai di bawah standar penilaian, dari 103 peserta didik yang mencapai nilai bagus hanya sebanyak 40 peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan analitis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperiment Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiwa Jurusan pendidikan matematika semester 4 kelas D dan kelas E UIN Raden Intan Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahh teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara dan obeservasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian dan hitung uji MANOVA, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan analitis matematis. Terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah. Terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan analitis matematis dan kemampuan pemecahan masalah. Kata kunci : Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Kemampuan Analitis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:58
Last Modified: 19 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item