PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELPSA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

SAPUTRI, WULANDARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELPSA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAPUTRI WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran matematika terdapat berbagai masalah yang terjadi disetiap jenjang pendidikan, khususnya jenjang pendidikan sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran bersifat monoton dan membosankan. Hal tersebut menyebabkan pemahaman konsep matematis peserta didik belum berkembang maksimal. Model pembelajaran ELPSA dengan pendekatan saintifik yang diduga mampu membuat pemahaman konsep matematis ditinjau dari self efficacy peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTS Daarul Ma’arif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas yaitu sebanyak 2 kelas, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran ELPSA dengan pendekatan saintifik dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur pemahaman konsep matematis dan untuk mengukur self efficacy menggunakan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran ELPSA dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) tidak terdapat pengaruh self efficacy tinggi, sedang, rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: ELPSA, SAINTIFIK, Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:21
Last Modified: 18 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item View Item