PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN TIME TOKEN ARENDS (TTA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

MAILAN, ALI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN TIME TOKEN ARENDS (TTA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAILAN 1711050067 print.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Hal tersebut menyebabkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik belum berkembang secara maksimal. Model pembelajaran LAPS- Heuristik dengan Time Token Arends (TTA) diduga mampu membuat kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Daarul Maarif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas yaitu sebanyak 2 kelas, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan TTA dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran LAPS-Heuristik denganTTA dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII MTs Daarul Maarif. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan uji MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. Sehingga ditolak dan diterima. Kata Kunci : LAPS-Heuristik, Time Token Arends, Pemecahan Masalah, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:13
Last Modified: 18 Oct 2021 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item