PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

Fauziyah, Amani (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FAUZIYAH AMANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis dan self efficacy dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang harus dimiliki peserta didik. Berdasarkan data hasil pra penelitian dan wawancara yang dilakukan di MTs Nahdlatul Ulama Krui, menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dan self efficacy peserta didik di MTs Nahdlatul Ulama tersebut masih rendah. Peneliti tertarik untuk menerapkan model Diskursus Multy Representasi terhadap kemampuan pemahmaan konsep matematis dan self efficacy peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis berdasarkan model pembelajaran (2) Ada tidaknya perbedaan self efficacy peserta didik berdasarkan model pembelajaran (3) Ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis dan self efficacy berdasarkan model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperimen design dengan design posttest only control design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Krui. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan self efficacy peserta didik di analisis menggunakan uji Manova dengan berbantuan program SPSS. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Manova dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh (1) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis dan self efficacy peserta didik berdasarkan model pembelajaran, (2) , sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik berdasarkan model pembelajaran, (3) , sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat perbedaan self efficacy peserta didik berdasarkan model pembelajaran. Kata Kunci : Diskursus Multy Representasi, Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2021 06:50
Last Modified: 15 Oct 2021 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16046

Actions (login required)

View Item View Item