TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG HUTANG BARANG DIBAYAR DENGAN TAMBAHAN BIAYA (Studi di Toko Ansori Desa Bumisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)

Yolan, Ilamia Nur Cahani (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG HUTANG BARANG DIBAYAR DENGAN TAMBAHAN BIAYA (Studi di Toko Ansori Desa Bumisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Yolan Ilamia Nur Cahani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan bermasyarakat banyak sekali perbedaan salah satunya dalam segi ekonomi, ada yang mampu dan ada yang tidak mampu, sehingga tidak jarang bagi sebagian orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara berhutang. Seperti yang terjadi di Toko Ansori yang beralamat di Desa Bumisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Banyak masyarakat khususnya pekerja pabrik didekat toko yang berhutang di toko tersebut, dengan mengambil barang terlebih dahulu baru saat gajian tiba mereka membayar nilai barang yang dihutangi dengan harga yang berbeda jika membeli secara tunai. Pada akhirnya ada sebagian orang yang tidak tepat waktu dalam membayarnya dan meminta perpanjangan waktu dengan konsekuensi nilai hutang akan bertambah atas keterlambatan pembayaran tersebut. Praktik hutang barang yang terjadi di Toko Ansori berawal dari kebiasaan masyarakat yang selalu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara berhutang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik hutang barang dibayar dengan tambahan biaya yang terjadi di Toko Ansori dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang praktik hutang barang dibayar dengan tambahan biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik hutang barang dibayar dengan tambahan biaya di Toko Ansori dan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam nya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode berfikir induktif. Metode induktif yaitu metode yang mempelajari suatu gejala yang atau kaidah�kaidah dilapangan yang umum mengenai fenomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dan di analisis, praktik hutang barang dibayar dengan tambahan biaya ini kebanyakan dilakukan oleh karyawan pabrik yang mana mereka akan membayarnya saat hari gajian. Mereka dalam pembelian barang dilakukan dengan cara mengambil terlebih dahulu barang yang dibutuhkan kemudian karyawan pabrik membayarkannya sesuai waktu yang telah disepakati oleh pemilik toko (saat gajian) dengan nominal lebih yang sudah ditentukan pemilik toko dan berbeda pada saat membeli secara tunai dari harga hutang barang yang menjadi objek dalam transaksi ini, jika karyawan pabrik meminta tambahan tempo pembayaran maka harga barang hutang akan bertambah dari harga hutang barang di awal. Sedangkan Tinjaun Hukum Islam tentang Hutang Barang Dibayar dengan Tambahan Biaya yang terjadi di Toko Ansori belum sesuai dengan prinsip-prinsip bermuamalah. Karena setiap hutang yang mengambil manfaat termasuk dalam riba. Dan berapapun kecilnya riba itu tetap haram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2021 06:25
Last Modified: 15 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16044

Actions (login required)

View Item View Item