PENGEMBANGANN MODEL BERMAIN SIRKUIT TRAINING UNTUK MELATIH GERAK DASAR PESERTA DIDIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR DALAM MATA PELAJARAN PJOK

RIZQII, OKTALIANA (2021) PENGEMBANGANN MODEL BERMAIN SIRKUIT TRAINING UNTUK MELATIH GERAK DASAR PESERTA DIDIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR DALAM MATA PELAJARAN PJOK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZQII OKTALIANA PGMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan model bermain sirkuit training pada mata pelajaran pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) untuk melatih gerak dasar peserta didik yang dikemas pada buku panduan untuk guru dan video model bermain sirkuit training. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan produk yang sudah dihasilkan, (2) mengetahui respon peserta didik dan pendidik, (3) mengetahui uji coba pernainan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menyesuaikan melalui Robert Maribe Branch. Kegiatan yang dilakukan pada tahap penelitian meliputi prapenelitian, studi hasil penelitian, analisis masalah dan penyusunan prototye model. Kegiatan tahapan pengembangan yaitu: 1) Analisis, 2) Desain Produk, 3) pengembangan, 4) Pelaksanaan, 5)Evaluasi, validasi dilakukan oleh 4 orang ahli, subjek uji coba adalah peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Al-Azhar 1 Bandar Lampung dengan angket uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Pengumpulan data dilakukan dengan angket kelayakan dan angket uji coba. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitataif dipakai untuk menganalisis dan hasil dari validasi para ahli dan pada respon peserta didik. Analisis kuantitatif dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan pada produk yang dihasilkan dan hasil uji coba model bermain sirkuit training. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan adalah: 1) Hasil penelitian dari ahli materi dengan rata-rata 4,7, ahli media mendapatkan hasil rata-rata 4,4, 2) hasil respon peserta didik dan guru baik, 3) hasil uji coba pada skala kecil dan skala besar pada bermain sirkuit training. Dengan demikian pada bermain sirkuit training untuk melatih gerak dasar pada mata pelajaran pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan pada materi gerak dasar tema 7 benda, hewan dan tanaman di sekitarku sangat layak digunakan. Kata Kunci: Bermain Sirkuit Training, Gerak Dasar, Kelas 1 SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:14
Last Modified: 15 Oct 2021 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16036

Actions (login required)

View Item View Item