PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BILINGUAL (INDONESIA- ARAB) PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AMALIYAH TADRIS (ALA GONTOR) DI PONDOK PESANTREN MODERN

RIDWAN, MARDIYANTO (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BILINGUAL (INDONESIA- ARAB) PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AMALIYAH TADRIS (ALA GONTOR) DI PONDOK PESANTREN MODERN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 - 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Ridwan Mardiyanto 1611050233.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Matematika masih menjadi pelajaran yang kurang diminati oleh peserta didik. Kurangnya ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran matematika berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada materi bangun ruang. Pembelajaran yang menarik sudah seharusnya diterapkan, namun hal ini masih menjadi kesulitan bagi pendidik sebab kurang menariknya perangkat pembelajaran yang dimiliki pendidik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik dan pendidik terhadap modul matematika bilingual (Arab-Indonesia) dengan model Amaliyah Tadris (Ala Gontor) di Pondok Pesantren Modern pada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner/angket. Validasi dilaukukan oleh dua ahli materi, dua ahli bahasa Indonesia dan dua ahli bahasa Arab. Uji coba dilakukan di SMP Al-Bayan Rangkasbitung yang terdiri dari uji coba respon peserta didik dan uji coba respon pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan pembelajaran menggunakan modul bilingual (Indonesia-Arab) Amaliyah Tadris (Ala Gontor) pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Al-Bayan Rangkasbitung berdasarkan hasil validasi ahli materi adalah 3,54 dengan kriteria “Layak Digunakan”, ahli bahasa Indonesia adalah 3,70 termasuk kriteria “Layak Digunakan” dan ahli bahasa Arab didapat rata-rata nilai 3,72 dengan kriteria “Layak Digunakan”, (2) respon peserta didik dan pendidik tentang pembelajaran menggunakan modul matematika bilingual (Indonesia-Arab) dengan menggunakan model Amaliyah Tadris (Ala Gontor) pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Al-Bayan Rangkasbitung berdasarkan uji coba kepada peserta didik yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata 3,48 dengan kriteria “Sangat Menarik”. Sedangkan pada uji coba kepada pendidik diperoleh nilai rata-rata 3,35 dan termasuk kriteria “Sangat Menarik”. Kata Kunci: Modul Matematika, Bilingual, Model Amaliyah Tadris, Bangun Ruang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:48
Last Modified: 14 Oct 2021 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16028

Actions (login required)

View Item View Item