DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELAS B DI TK ISLAM BINA BALITA WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

YAN, VIOLLA DWI NOVSILA (2021) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELAS B DI TK ISLAM BINA BALITA WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YAN VIOLLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan masih terdapat beberapa anak yang perkembangan sosial emosional nya belum berkembang dan perlu ditingkatkan karena pada saat proses pembelajaran daring ada beberapa anak tidak dapat bertemu teman nya secara langsung karena pembelajaran secara langsung dialihkan menjadi pembelajaran daring anak hanya bertemu dengan teman melalui aplikasi tidak bertemu langsung sehingga interaksi sesama teman kurang terjalin membuat anak merasa kesepian dan mudah bosan, kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran daring terjadi karena adanya kendala seperti jaringan sinyal yang susah, keaktifan orang tua dalam peran sertanya mendampingi anak dalam belajar, kurangnya pengetahuan orang tua dengan tekonologi informasi dan terdapat anak yang tidak mau mengerjakan tugas biasanya terjadi karena anak merasa bosan dengan materi yang disampaikan atau anak tidak senang dengan cara guru menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian kualitatif deskriptif bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring pada perkembangan sosial emosional anak usia dini kelas B di TK Islam Bina Balita Wayhalim Bandar Lampung . Metode penelitian yang digunakan peneliti ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif . Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara dan teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, display data, dan verifkasi data. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran daring di TK Islam Bina Balita Wayhalim Bandar Lampung berdampak pada perkembangan sosial emosional anak usiadini di kelas B seperti anak tidak mau mengerjakan tugas , anak kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, anak tidak dapat bertemu teman sehinggan merasa kesepian dan mereas bosan karna tidak dapat berinteraksi langusng dengan teman. Dalam hal ini guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi agar anak tidak merasa bosan dan anak terus bersemangat. Orang tua juga harus memberi semangat kepada anak agar mereka bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran daring dan orang tua harus selalu mendampingi anak ketika proses pembelajaran berlangsung atau mendampingi saat anak mengerjakan tugas. Kata kunci : Dampak pembelajaran daring, Perkembangan sosial emosional iiiABSTRACT This research is motivated by the problem that there are still some children whose social- emotional development has not yet developed and needs to be improved because during the online learning process there are some children who cannot meet their friends directly because direct learning is transferred to online learning. the application does not meet in person so that the interaction of fellow friends is less intertwined making children feel lonely and easily bored, less enthusiastic in participating in the online learning process occurs because of obstacles such as difficult signal networks, the activeness of parents in their participation in assisting children in learning, lack of parental knowledge with information technology and there are children who do not want to do the task usually occurs because the child feels bored with the material presented or the child is not happy with the way the teacher delivers the learning material. Descriptive qualitative research aims to determine the impact of online learning on the socio-emotional development of early childhood grade B in Islamic Kindergarten Bina Toddler Wayhalim Bandar Lampung. The research method used by this researcher is a descriptive qualitative research. The data collection techniques in this study were Observation, Documentation, and Interviews and data analysis techniques in this study using data reduction, data display, and data verification. The results of the study showed that in the online learning process at Bina Toddler Islamic Kindergarten Wayhalim Bandar Lampung, it had an impact on the socio-emotional development of early childhood children in class B such as children not wanting to do assignments, children being less enthusiastic in participating in learning, children unable to meet friends so they felt lonely. and get bored because they can't interact directly with friends. In this case the teacher is required to be more creative in conveying the material so that the child does not feel bored and the child continues to be excited. Parents must also encourage children so that they are excited to take part in the online learning process and parents must always accompany children during the learning process or accompany children when they do assignments. Keywords: Impact of online learning, Social emotional development

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:40
Last Modified: 14 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16024

Actions (login required)

View Item View Item