Pengaruh PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Peserta Didik

Tirka, Rizal Allanta (2021) Pengaruh PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Peserta Didik. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TIRKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan berpikir kritis sangat penting dan harus dikuasai oleh peserta didik. Meningkatkan keterampilan berpikir dan Self Efficacy dengan menerapkan PjBL-STEM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak PjBL dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis quasy experiment dengan Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua subjek penelitian yaitu experiment class and control class. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, pengambilan sampel adalah cluster random sampling, pengumpulan data menggunakan test soal berpikir kritis dan angket skala likert. Analisis data penelitian menggunakan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL dengan pendekatan STEM mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik yang ditandai adanya peningkatan nilai rata-rata pre test dan pos test pada tiap indikator yaitu 64,96 menjadi 84,24 dengan N- gain sebesar 0,55 atau 31%. Nilai rata-rata angket Self Efficacy kelas eksperimen sebesar 135,04 atau 93% dangan kategori sangat tinggi. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model PjBL – STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik. Kata kunci: STEM, PjBL, Berpikir Kritis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:02
Last Modified: 14 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16023

Actions (login required)

View Item View Item