PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK DZAKIYAH KEDAMAIAN ANTASARI BANDAR LAMPUNG

Julyasari, Deska Santi (2017) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK DZAKIYAH KEDAMAIAN ANTASARI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_JULYASARI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kreativitas pada anak diindikasikan dengan kemandirian, keterampilan, dan sikap dalam memecahkan masalah yang dihadapi anak. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Dzakiyah Antasari Bandar Lampung?”, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Dzakiyah Antasari Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kualitatif Deskriptif dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai Penerapan Metode Bermain Peran di TK Dzakiyah Kedamaian Antasari Bandar lampung bahwa guru memang sudah menerapkan Langkah-Langkah Metode Bermain Peran sesuai dengan teori yang mereka pahami yaitu dimulai dengan Guru Memilih sebuah tema yang akan dimainkan, Guru membuat naskah jalan cerita yang akan diperankan, Guru mengumpulkan anak untuk diberikan pengarahan dan aturan dalam bermain peran, Guru sudah mempersiapkan alat yang akan digunakan saat bermain peran, Guru menjelaskan alat-alat yang akan digunakan oleh peserta didik untuk bermain, Guru membagikan tugas kepada peserta didik sesuai dengan peran yang akan dimainkan, agar tidak berebut saat bermain peran, Guru hanya mengawasi /mendampingi anak dalam bermain, apabila di butuhkan anak guru dapat membantu, Guru mengadakan diskusi untuk mengulas kembali nilai-nilai dan pesan yang terkandung dalam Bermain Peran untuk diteladani peserta didik. Tetapi Guru kurang mengantisifasi setiap kelemahan-kelemahan didalam langkah – langkah bermain peran sehingga menyebabkan Kreativitas anak belum berkembang secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:03
Last Modified: 17 Oct 2017 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item