EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SMK N 1 Terbanggi Besar

M. SOBRI, AROHMAN (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SMK N 1 Terbanggi Besar. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI M. SOBRI AROHMAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

iii ABSTRAK Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan bagaimana siswa berkembang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru yang menjadi mediator dalam mengembangkan keaktifan peserta didik dikelas menjadi kunci utama dalam meingkatkan pemahaman materi pembelajaran tersebut. Salah satu factor yang mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik adalah model pembelajaran yang diberikan guru masih bersifat konvensional hal ini yang harus diperbaiki untuk pendidikan saat ini. Peneliti menemukan masalah di SMK N 1 Terbanggi Besar bahwa peserta didik disekolah tersebut masih memiliki tingkat pemahaman yang kurang dalam mata pelajaran PAI maka model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat dijadikan solusi untuk mengubah pembelajaran yang diterapkan sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Terbanggi Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian quasy Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini kelas 11 yang berjumlah 253 orang sedangkan yang digunakan sampel penelitian yaitu kelas 11 akuntansi 3 sebagai kelas kontrol dan 11 pemasaran 2 sebagai kelasa eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah thitung = 2.346 > ttabel = 0,023 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Terbanggi Besar. Kata Kunci : Pendidikan, Kooperatif, STAD (Student Teams Achievement Divisions)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:56
Last Modified: 13 Oct 2021 07:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item View Item