PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

Risna, Apriliani (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISNA APRILIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakah antara Genius Learning dengan konvensional yang dinilai lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan metakognitif dan kecerdasan logis matematis peserta didik. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment design. Taknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes dan dokumentasi. Pegujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis multivariat (Manova). Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu peneliti melakukan uji prasyarat yaitu uji mormalitas dan homogenitas. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogrov smirnov dan uji normalitas menggunakan uji M Box’s. Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji Multivariat diperoleh nilai signifikansi yang diuji dengan prosedur Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root adalah 0,005, yang berarti bahwa ditolak atau terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Genius Learning dan konvensional terhadap kemampuan metakognitif dan kecerdasan logis matematis peserta didik secara simultan. Selanjutnya hasil uji terhadap kedua kemampuan secara terpisah juga menunjukan nilai sig.0,002 untuk kemampuan metakognitif dan 0,001 untuk kecerdasan logis matematis yang berarti bahwa ditolak dan terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Genius Learning dan konvensional terhadap kedua kemampuan secara masing-masing, yaitu terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Genius Learning dan konvensional terhadap kemampuan metakognitif, dan terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Genius Learning dan konvensional terhadap kecerdasan logis matematis. Langkah selanjutnya yaitu menentukan model manakah yang dinilai lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan metakognitif dan kecerdasan logis matematis. Peneliti melakukan analisis rata-rata tes kemampuan metakognitif dan kecerdasan logis matematis peserta didik dengan menggunakan kedua model. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model Genius Learning lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan metakognitif dan kecerdasan logis matematis peserta didik dibandingkan model konvensional. Kata Kunci: Model Genius Learning; Kemampuan Metakogniif; Kecerdasan Logis Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 05:22
Last Modified: 13 Oct 2021 05:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item