EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 7 BANDAR LAMPUNG

ETI, KRISTINA (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of ETI KRISTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri adalah suatu sifat dimana seseorang merasa yakin terhadap dirinya sendiri. Keyakinan itu meliputi yakin terhadap kemampuannya, yakin terhadap pribadinya, dan yakin terhadap keyakinan hidupnya. Pada dasarnya batasan ini menekankan pada kemampuan individu menilai dan memahami apapun yang ada pada dirinya tanpa ada rasa ragu-ragu dan bimbang. Upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah menggunakan layanan konseling individu dengan teknik self-instruction. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri peserta didik dengan menggunakan konseling individu teknik self-instruction. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas XI SMK Negeri 7 Bandar Lampung yang menunjukkan tingkat kepercayaan diri rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan desain One- Group Pretest- Posttest. Sampel penelitian 2 orang peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotetis Ha diterima sedangkan hipotetis Ho ditolak. Ini terbukti dengan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, t hitung lebih besar dari t tabel diperoleh (12.745 ≥ 3,182), pretest diperoleh 45.50 dan posttest 96.75. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan konseling individu dengan teknik self -instruction dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Dengan demikian penelitian ini menyarankan agar konseling individu dengan teknik self-instruction dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Kata kunci : Layanan Konseling Individual, Teknik Self-instruction, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 05:06
Last Modified: 13 Oct 2021 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16002

Actions (login required)

View Item View Item