PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MI MATHLA’UL ANWAR SINDANG SARI LAMPUNG SELATAN

Gusnanto, Azhar Tri (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MI MATHLA’UL ANWAR SINDANG SARI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS dikarenakan kurangnya keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran ceramah di kelas V MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan, yang mana dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ada dan seberapa besarkah pengaruh model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan ? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan. ` Penelitian ini merupakan penelitian true-eksperiment dengan desain The Matching only posttest control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes berupa posttest dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan adalah posttest multiple choice yang sesuai dengan indikator. Instrumen diuji coba pada kelas V MI Bahrul Ulum Batuliman dan dihitung validitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program SPSS 16.0 for Windows yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test, menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,000 < 0,05. Dengan demikian nilai sig < α pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis (Ha) diterima, dengan besar pengaruhnya yang diperoleh dari persentase nilai koefisien determinasi/R Square (R2) sebesar 0,201 x 100 = 20,1%. Ini berarti bahwa “ada (terdapat) dan besar pengaruh yang signifikan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:33
Last Modified: 17 Oct 2017 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item