ANALISIS KOMPARASI STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) PADA BANK BRI SYARIAH DAN BANK BNI SYARIAH SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

Ratih, Purnama Sari (2021) ANALISIS KOMPARASI STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) PADA BANK BRI SYARIAH DAN BANK BNI SYARIAH SELAMA MASA PANDEMI COVID 19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang timbul akibat pandemi covid 19 seperti penurunan ROA atau profitabilitas pada Bank Umum Syariah dan meningkatnya NPF atau pembiayaan bermasalah pada Bank Umum Syariah yang didasarkan pada data statistik perbankan syariah tahun 2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah packing order theory, signaling theory dan agency theory. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data skunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh bank umum syariah yang ada di Indonesia selama masa pandemi covid 19 tahun 2020 sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah yang dipilih dan ditentukan sesuai dengan kebutuhan, dengan teknik purposive sampling yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif, uji normalitas dan uji Independent sample t test untuk menguji perbandingan dari sampel yang diteliti dengan bantuan program SPSS 20. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa struktur modal antara Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah selama masa pandemi covid 19 yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan, untuk hasil profitabilitas yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dan untuk hasil dana pihak ketiga (DPK) yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Perbedaan profitabilitas tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil statistik nilai rata-rata profitabilitas Bank BNI Syariah lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata Bank BRI Syariah (0,6492 > 0,2642). Profitabilitas tertinggi juga diperoleh dari Bank BNI Syariah sebesar 1,37 dan profitabilitas terendah diperoleh dari Bank BRI Syariah sebesar 0,06. Hal tersebut menandakan bahwa profitabilitas Bank BNI Syariah lebih baik dibandingkan Bank BRI Syariah selama masa pandemi covid 19 tahun 2020. Kata kunci: Komparasi, Struktur Modal, Profitabilitas, Dana Pihak Ketiga (DPK).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:19
Last Modified: 13 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15995

Actions (login required)

View Item View Item