PENGARUH KARAKTER CURIOSTY DAN CREATIVE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK PESERTA DIDIK

Yasinta, Rahmawati (2021) PENGARUH KARAKTER CURIOSTY DAN CREATIVE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Yasinta Rahmawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan secara luas tidak hanya dinilai berdasarkan kuantitas sebuah nilai, secara kontekstual pendidikan harus mengutamakan pendidikan nilai-nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerik melalui kurikulum 2013 ditinjau dari pendidikan karakter curiosity dan creative. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik survey dan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling yang terdapat 120 responden peserta didik dari SMP Islam El-Syihab dan MTSN 1 Bandar Lampung, setiap sekolah diambil 3 kelas dengan jenjang pendidikan kelas VII.VII, dan IX dengan masing-masing kelas terdapat 20 responden siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linear berganda yang akan melihat pengaruh karakter curiosity dan karakter creative terhadap kemampuan numerik peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter curiosity memberikan pengaruh yang lebih besar yaitu 0,870 atau 87 % dibandingkan dengan karakter creative yaitu 0,294 atau 29% yang menunjukan peningkatan dan presentase yang lebih baik yaitu pada kemampuan numerik peserta didik. Kata Kunci : Karakter Creative, Karakter Curiosity , Kemampuan Numerik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:24
Last Modified: 13 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15991

Actions (login required)

View Item View Item