IMPLEMENTASI PELAYANAN BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH PADA KHALIFA TRAVEL DALAM PEMBINAAN JAMAAH BANDAR LAMPUNG

RENHAT, RAYNALDI PUTRA (2021) IMPLEMENTASI PELAYANAN BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH PADA KHALIFA TRAVEL DALAM PEMBINAAN JAMAAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RENHAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PELAYANAN BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH PADA KHALIFAH TRAVEL DALAM PEMBINAAN JAMAAH BANDAR LAMPUNG Lembaga Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh yang mengkalim bahwa lembaga tersebut mempunyai kualitas pelayanan yang prima. Bahkan ada yang memberikan beberapa bukti agar konsumen percaya terhadap produk- produk yang ditawarkan oleh biro perjalanan Haji dan Umrah. Namun kenyataannya, banyak dijumpai Jama’ah yang terlantar bahkan tidak jadi berangkat haji dan umrah karena kelalaian dari pelayanan yang diberikan oleh biro-biro yang tidak bertanggung jawab.Untuk itu diperlukanlah manajemen pelayanan yang baik dan tepat dalam suatu lembaga biro perjalanan haji dan umrah. Dimana penulis menggunakan objek penelitian pada Biro Perjalnanan Haji dan Umrah Khalifah Travel Bandar Lampung. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelayanan Umroh dan Haji Plus di Biro Khalifa Travel Bandar Lampung dan Bagaimana pembinaan jamaah setelah pelaksanaan haji dan umroh. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui dan memahami pelayanan Umroh dan Haji Plus di Biro Khalifa Travel Bandar Lampung dan untuk mengetahui dan memahami pembinaan jamaah setelah pelaksanaan haji dan umroh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan Sampel, menggunakan teknik Probability Sampling. Populasi ini berjumlah 11 orang. Dalam pengumpulan data, pemelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis, menunjukkan bahwa lembaga biro perjalanan merespons keinginan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap jamaah nya dan dapat melaksanakan haji dengan lancar tanpa adanya halangan. Khalifah Travel mempunyai kemauan yang kuat dan terus menerus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan peningkatan kinerja karyawan dan menjalin hubungan kerja sama yang baik antara jamaah haji dan intansi terkait. Pembinaan yang dilakukan oleh Khalifah Travel Bandar Lampung berdasarkan Peraturan Pemerintah yaitu 1. Dilaksanakan selama 3 kali bimbingan massal yang dilaksanakan oleh Kankemenag Kab/Kota dan 7 kali bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan domisili jamaah, 2. Materi bimbingan mengacu pada buku pedoman pembinaan yang dikeluarkan Kementrian Agama dan 3. Bimbingan secara simultan dan berkelanjutan sampai di Tanah Suci pada setiap kloter, disertakan beberapa petugas haji yang meliputi: TPHI, TPIHI, dan TKHI, dengan fungsinya bertugas memberikan bimbingan dan pembinaan selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Kata Kunci: Pelayanan, Biro Perjalanan Khaliva Travel Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:09
Last Modified: 12 Oct 2021 06:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15985

Actions (login required)

View Item View Item