ANALISIS PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA JASA KEUANGAN (Studi Pada Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung)

Fatmawati, Suparno (2021) ANALISIS PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA JASA KEUANGAN (Studi Pada Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (1MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA JASA KEUANGAN (Studi Pada Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung) Oleh : Fatmawati Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas dan wewenang, pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan sebagaimana dimaksud dalam undang- undang tersebut. Literasi dan Inklusi keuangan telah menjadi salah satu jenis kebijakan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pada tahun 2019 hasil Survei Nasional yang menunjukan indeks Literasi keuangan Indonesia sebesar 38,03% dan Indeks Inklusi Keuangan sebesar 76,19%. Menurut hasil Survei Literasi dan Inklusi Keuangan Provinsi, Lampung termasuk Literasi dan Inklusi Keuangan yang cukup rendah yaitu tingkat Literasi sebesar 30,97% dan Inklusi Keuangan sebesar 61,94%. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran Otoritas Jasa Keuangan dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan . Penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan sifat penelitiannya adalah Deksripstif. Sumber data berasal dari data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa buku dan website. Subjek penelitian ini bagian datanya adalah dengan wawancara langsung dengan narasumber, kemudian hasilnya diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa peran OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan yaitu mencakup dalam Pengaturan, Pengawasan,Pemeriksaan, Penyelidikan dan Perlindungan Konsumen. Kata kunci : Otoritas Jasa Keuangan(OJK), Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2021 05:31
Last Modified: 12 Oct 2021 05:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15980

Actions (login required)

View Item View Item