REPRESENTASI NILAI-NILAI ISLAM PADA FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO DALAM ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Ranum, Wandira (2021) REPRESENTASI NILAI-NILAI ISLAM PADA FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO DALAM ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Ranum Wandira.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dizaman yang semakin berkembang, penyampaian pesan dakwah yang salah satunya adalah nilai Islam harus dikemas dengan berbagai sarana yakni dengan media elektronik, media cetak dan internet.Begitu juga dengan film yang menjadi sarana bagi movie maker untuk menuangkan ide kreatifnya tanpa batas.Keberadaan film juga disukai dalam berbagai kalangan masyarakat dari anak-anak, remaja sampai dewasa sehingga film sangat mudah dijadikan sebagai alat media komunikasi. Dengan media film seseorang dapat meningkatkan inovasi dalam meningkatkan pesan-pesan seperti nilai- nilai Islam. Film umumnya dibangun dengan banyak tanda.Tanda- tanda itu termasuk sebagai sistem tanda yang bekerjasama dengan baik dalam upaya mencapai efek yang diharapkan. Film merupakan salah satu media massa yang paling efektif sebagai sarana penyampaian pesan melalui adegan yang ditampilkan. Film Sang Pencerah merupakan film bergenre Islami yang dirilis pada tahun 2010, film ini menyabet banyak penghargaan di ajang festival film, berkisah tentang perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dalam mendirikan perkumpulan Muhammadiyah. Film ini merupakan film yang diambil dari kisah nyata K.H. Ahmad Dahlan, menceritakan tentang Islam pada zaman dahulu yang masih menganut ajaran Islam kejawen.Dengan kondisi demikian Ahmad Dahlan merasa bahwa ajaran tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam dan beliau ingin meluruskannya agar masyarakat dapat memahami Islam dengan Kaffah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Islam yang ada pada setiap secene dalam film Sang Pencerah dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Teori Roland Barthes digunakan guna mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dalam film Sang Pencerah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika yang merupakan analisis untuk mengkaji tanda. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, mencari film Sang Pencerah, memutar film atau vidio dan menelaah scene-scene yang dimaksud pada film Sang Pencerah. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian analisis film dengan menggunakan teori analisis ii

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2021 05:14
Last Modified: 12 Oct 2021 05:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15978

Actions (login required)

View Item View Item