PENGARUH GREEN BANKING DAN RASIO KECUKUPAN MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2016 – 2019)

ANJAS, PRABOWO (2021) PENGARUH GREEN BANKING DAN RASIO KECUKUPAN MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2016 – 2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk waktu yang sangat lama bank telah beroperasi tanpa mempertimbangkan bagaimana operasi mereka mempengaruhi lingkungan. Baru-baru ini munculnya konsep baru di perbankan yaitu green banking. Konsep ini pada dasarnya mempromosikan praktik ramah lingkungan dan mengurangi jejak karbon dari kegiatan perbankan. Implementasi green banking telah menjadi tantangan bagi begitu banyak bank komersial karena mereka khawatir bahwa itu akan meningkatkan pengeluaran dan mengganggu operasi normal mereka. Dalam hal ini peneliti telah memutuskan untuk menetapkan apakah ada hubungan antara green banking dan rasio kecukupan modal terhadap kinerja bank umum syariah di Indonesia. Peneliti menggunakan data sekunder berupa annual report yang terpublikasi dan sample diambil dari laporan keuangan 9 bank dengan periode tahun 2016-2020. Peneliti menggolah data dengan regresi data panel dan bersifat deskriptif. Peneliti menggunakan indikator green coin rating dan car sebagai variabel independen dan roa sebagai variabel dependen. Hasil penelitian uji parsial menunjukan tidak terdapat pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen. Ini terjadi karena bank baru mulai optimal menerapkan green banking pada tahun 2019. Serta bank terlalu menjaga kestabilan CAR di atas 8% bahkan naik setiap tahun, akan tetapi ROA menurun setiap tahun. Sedangkan secara simultan variabel independen secara bersama sama mempengaruhi variabel dependen. Islam mengajarkan untuk tidak berbuat kerusakan dan mengoptimalkan modal sehingga green banking dan CAR sudah sejalan dengan prinsip syariah. Kata Kunci : Green Banking, CAR, ROA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:15
Last Modified: 12 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15975

Actions (login required)

View Item View Item