IMPLEMENTASI BUDAYA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL ULUM PANARAGAN JAYA DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

FITRI, YANI (2021) IMPLEMENTASI BUDAYA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL ULUM PANARAGAN JAYA DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Budaya belajar adalah perilaku belajar seseorang yang telah tertanam dalam waktu relatif lama sehingga memberikan ciri dalam aktifitas belajar yang dilakukan untuk membuat peserta didik dapat belajar, terdorong belajar, butuh belajar, mau belajar dan tertarik untuk terus menerus belajar. Dalam budaya belajar, titik tekannya adalah membangun dan mengupayakan keaktifan anak didik. Keaktifan anak didik tersebut, diharapkan mereka dapat memperoleh hasil lebih maksimal dari proses pembelajaran yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siwa di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) persiapan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, 2) cara mengikuti pelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, 3) pembuatan jadwal belajar dan catatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, 4) cara mengerjakan tugas dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber informasi diambil dari kepala sekolah, guru madrasah, dan siswa madrasah. Teknik pengumpulan data di ambil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi budaya belajar siswa dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya dapat dikatakan cukup baik dalam persiapan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, cara mengikuti pelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, pembuatan jadwal belajar dan catatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, cara mengerjakan tugas dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya. Rekomendasi/saran diajukan untuk Guru mengingat tugas pendidik terutama guru adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, maka hendaknya guru dapat melaksanakan tugas dengan sebaik- baiknya yaitu menjadi pendidik yang profesional sehingga pembelajaran bisa terlaksana sesuai tujuan pembelajaran. Peserta iididik berhasil dalam belajar dan berpotensi. Untuk Sekolah Sebaiknya sekolah memberikan fasilitas, sarana dan prasarana baik kepada guru maupun siswa, sehingga tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif. Sekolah juga harus dapat membantu memecahkan masalah jika guru menghadapi kesulitan dalam proses pembelajaran. Untuk peneliti lain Penelitian ini masih terbatas pada budaya belajar siswa dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, untuk itu perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan ruang lingkup lebih luas. Kata kunci: budaya belajar, prestasi belajar iiiLearning culture is a person's learning behavior that has been embedded in a relatively long time so that it characterizes the learning activities carried out to make students able to learn, motivated to learn, need to learn, willing to learn and interested in continuous learning. In a learning culture, the emphasis is on building and seeking student activity. The activeness of these students, it is hoped that they can get maximum results from the learning process carried out so that they can improve student learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya. This study aims to analyze: 1) learning preparation in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, 2) how to follow lessons in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, 3) making study schedules and study notes in improving learning achievement at MTs MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, 4) how to do assignments in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya. This study uses a qualitative descriptive approach with sources of information taken from the principal, madrasa teachers, and madrasa students. Data collection techniques were taken from interviews, observations, and documentation. The analysis technique includes data reduction, data presentation, data verification and drawing conclusions. Meanwhile, the validity of the data was tested using source triangulation techniques. The results showed that the implementation of student learning culture in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya can be said to be quite good in preparation for learning in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, how to follow lessons in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, making study schedules and study notes in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, how to do assignments in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya. Recommendations/suggestions are submitted to teachers considering that the task of educators, especially teachers, is to educate the life of the nation, so teachers should be able to carry out ABSTRACT ivtheir duties as well as possible, namely being professional educators so that learning can be carried out according to learning objectives. Learners succeed in learning and have potential. For schools, schools should provide facilities, facilities and infrastructure for both teachers and students, so as to create active, creative, and innovative learning. Schools must also be able to help solve problems if teachers face difficulties in the learning process. For other researchers, this research is still limited to student learning culture in improving learning achievement at MTs Darul Ulum Panaragan Jaya, therefore further research is needed with a wider scope. Keywords: learning culture, learning achievement

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:37
Last Modified: 11 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15974

Actions (login required)

View Item View Item