SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO LAMPUNG

ARINDA, FIRDIANTI (2021) SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB I & II DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of DISERTASI FULL ARINDA FIRDIANTI, NPM 1886031033.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Sistem penjaminan Mutu Internal di Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung Abstrak Sistem penjaminan mutu terdiri dari sistem penjaminan mutu internal dan eksternal. Sistem penjaminan mutu internal yang baik akan menghasilkan penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta lulusan yang unggul memiliki daya saing dan menjadi solusi permasalahan masyarakat. Institut Agama Islam Negeri Metro satu- satunya perguruan tinggi keagamaan Islam negeri di Kota Metro yang berhasil menjadi perguruan tinggi keagamaan Islam negeri pertama di Indonesia yang menerima sertifikat ISO 21001:2018. Di Institut Agama Islam Negeri Metro masih ditemukan mahasiswa yang putus uang kuliah tunggal dan juga standar pendidikan tinggi yang belum tersosialisasikan dengan baik kepada pemangku kepentingan, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan pokok permasalahan sistem penjaminan mutu internal di Institut Agama Islam Negeri Metro kemudian dicarikan solusi yang tepat melalui kajian komprehensif, terencana dan terukur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem penjaminan mutu internal di Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung, mulai dari penetapan standar, pelaksanaan standar, evaluasi pelaksanaan standar, pengendalian pelaksanaan standar dan peningkatan standar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian sistem penjaminan mutu internal di Institut Agama Islam Negeri Metro bahwa: Pertama, Penetapan standar meliputi visi, misi, peraturan akademik, kebijakan akademik, standar akademik dan manual mutu akademik, selanjutnya untuk tingkat jurusan/ program studi tersedia spesifikasi program studi, kompetensi lulusan, intruksi kerja dan manual prosedur ditambah dengan dokumen pendukung. Kedua, Pelaksanaan standar pendidikan tinggi didahului sosialisi standar pendidikan tinggi kepada para pemangku kepentingan. Strategi yang digunakan yaitu internalisasi budaya mutu. Lembaga penjaminan mutu memiliki peran penting dalam pelaksanaan penjaminan mutu, adanya komitmen dari para pimpinan, ketersediaan sumberdaya manusia yang mau dan mampu melaksanakan sistem penjaminan mutu internal serta dukungan sistem teknologi informasi yang memadai menjadi penopang keberhasilan sistem penjaminan mutu internal. Ketiga, Evaluasi pelaksanaan standar pendidikan tinggi dilakukan secara rutin, ada evaluasi mingguan dan dilakukan audit mutu internal (AMI) setahun sekali oleh lembaga penjamin mutu. Pihak yang terlibat dalam evaluasi adalah tim yang terdiri dari pengurus jurusan, dosen dan staf. Evaluasi berdampak positif pada peningkatan kinerja. AMI melibatkan para auditor independen yang bertindak secara profesional dan independen. Keempat, Pengendalian standar pendidikan tinggi dilakukan atas dasar temuan hasil evaluasi. Hasil evaluasi diberikan tindakan koreksi manakala belum sesuai dengan standar pendidikan tinggi, dan mempertahankannya jika telah sesuai standar pendidikan tinggi. Tindakan koreksi dilakukan dengan membuat rencana perbaikan, melaksanakan perbaikan, dan pencegahan supaya tidak terulang. Kelima, Peningkatan standar pendidikan tinggi dilakukan bilamana keempat siklus (PPEPP) tercapai, Peningkatan stantar pendidikan tinggi dilakukan melalui rapat tim penjamin mutu dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat, tuntutan para pemangku kepentingan, serta perkembangan ilmu dan teknologi. Kata Kunci: Sistem Penjaminan Mutu Internal, peningkatan mutu viiiInternal Quality Assurance System at the Metro Lampung State Islamic Institute Abstract The quality assurance system consists of internal and external of it. Metro state Islamic religious institute is the only state Islamic religious college in Metro city that has succeeded in becoming the first public Islamic religious university in Indonesia to receive ISO 21001: 2018 certificate. But this institution has some dropped out students and unsocialized educational standard. So this needs research to acknowledge the internal quality assurance problems. In order to find a measurable, comprehensive and organized solution. The purpose of this research is to describe the internal quality assurance at State Islamic Institute of Metro Lampung. It enclaves Standard Setting, Standard Implementation, Standard Implementation Evaluation, Standard Implementation control, the standard of improvement and implementation control. This research type is a qualitative descriptive research and it uses qualitative descriptive analysis. The data collecting uses interview technique, observation, and documentation. Based on the result of the internal quality assurance system at the state Islamic institute of Metro lampung that are : First, the standard determining enclaves academic quality manual, academic standard, academic policy, academic regulation, vision and mission. Next, for the level of study program provides study program specification, graduate competence, work instruction, supporting documents and manual procedure. Second, the implementation of high education standards is preceded by the stakeholders. The strategy uses quality culture internalization. The quality assurance Institution has a very important role in implementing the quality assurance. A commitment from the leaders, the qualified human resources who are able to implement a quality assurance system, and adequate information technology system become a successful support of a quality assurance system. Third, The quality assurance Institution implement The evaluation of high education standard implementation is carried out regularly, weekly evaluation, and annual internal quality audit. It consist of lecturers, staff, and study program managers. The evaluation has a positive impacts in improving performance. Internal quality audit involves the independent and professional auditors. Fourth, a higher education standard control is carried out based on evaluation result finding. The correction is needed if it does not work properly by making plan improvement and the prevention. Fifth, The improvement of higher education standard is carried out when the four circle achieved. It is executed through a meeting of quality assurance team by considering the social need, demand of stakeholders, and the development of technology and science. Keywords: Internal Quality Assurance System, Quality Improvement ixيلخادلا ةدولجا نامض ماظن يملاسلإا نييدلا جنوبملا وتريم دهعم في ةصلاخ ثوحبلا جتنيس ديلجا يلخادلا ةدولجا نامض ماظن نإ .يجرالخاو يلخادلا ةدولجا نامض ماظن نم ةدولجا نامض ماظن نوكتي وى يملاسلإا تيتس وترم دهعم .عمتلمجا لكاشلد لاًولح نوحبصيو ةيسفانتلا ةردقلبا نوعتمتي ينقوفتم ينيجرخو عمتلمجا ةمدخو في ةماع ةيملاسإ ةينيد ةعماج لوأ حبصت نأ في تحنج تيلا تييس وترم في ةديحولا ةيموكلحا ةيملاسلإا ةينيدلا ةعمالجا موسرلا نم اوبرست بلاط كانى لازي لا ، يملاسلإا وتريم دهعم في ISO 21001: 2018. ةداهش ىلع لصتح ايسينودنإ ءارجإ يرورضلا نم كلذل ، ةحلصلدا باحصلأ ادً يج ايًعامتجا اهمجد متي لم تيلا لياعلا ميلعتلا يرياعم كلذكو ةيدرفلا ةيساردلا ةططمخو ةلماش ةسارد للاخ نم يملاسلإا وتريم دهعم في يلخادلا ةدولجا نامض ماظنل ةيسيئرلا تلاكشلدا ةفرعلد ثبح .ةسوردمو ا ًءدب ، يملاسلإا Metro Lampung State دهعم في يلخادلا ةدولجا نامض ماظن فصو وى ثحبلا اذى نم ضرغلا وى ثحبلا نم عونلا اذى .يرياعلدا ينستحو يسايقلا ذيفنتلا ةبقارمو يسايقلا ذيفنتلا مييقتو يرياعلدا ذيفنتو يرياعلدا عضو نم ةظحلالداو ةلباقلدا تاينقت مادختسبا تناايبلا عجم .يعون يفصو ليلتح وى مدختسلدا تناايبلا ليلتحو ، ةيعون ةيفصو ةسارد .قيثوتلاو ليلد دديح يذلا رايعلدا ، ًلاوأ :يىو جنوبملا وترلد يموكلحا يملاسلإا دهعلدا في يلخادلا ةدولجا نامض ماظن ةجيتن ىلع ًءانب ىوتسلد ةبسنلبا ، كلذ دعب .ةلاسرلاو ةيؤرلاو ييمداكلأا ميظنتلاو ةييمداكلأا ةسايسلاو ييمداكلأا رايعلداو ةييمداكلأا ةدولجا تاءارجلإاو ةمعادلا قئثاولاو لمعلا تاميلعتو ينيجرلخا ةءافكو ةساردلا جمنارب تافصاوم جمنابرلا رفوي ، يساردلا جمنابرلا بعلت .ةدولجا ةفاقث باعيتسا ةيجيتاترسلاا مدختست .ةحلصلدا باحصأ وقبسي ةيلاع ةيميلعت يرياعم قيبطت نإ ، ًاينثا .ةيوديلا ذيفنت ىلع ةرداقلا ةلىؤلدا ةيرشبلا دراولداو ، ةداقلا مازتلا نإ .ةدولجا نامض ذيفنت في ةياغلل امًهم ارًود ةدولجا نامض ةسسؤم ةسسؤم ذيفنت ، اثًلثا .ةدولجا نامض ماظنل احً جنا امًعد حبصأ بسانلدا تامولعلدا ايجولونكت ماظنو ، ةدولجا نامض ماظن نوكتت .ةيونسلا ةدوجلل ةيلخاد ةعجارمو ، يعوبسأ مييقتو ، ماظتنبا لياعلا ميلعتلا يرياعم ذيفنت مييقت ءارجإ متي ةدولجا نامض ينققدم يلخادلا ةدولجا قيقدت نمضتي .ءادلأا ينستح في ةيبايجإ رثاآ مييقتلل .ةساردلا جمارب يريدمو ينفظولداو نيرضالمحا نم لكشب لمعي لم اذإ يرورض حيحصتلا .مييقتلا جئاتن ىلع ًءانب لياعلا ميلعتلل يرايعم طبض ءارجإ متي ، اعًبار .ينفترمحو ينلقتسم نم هذيفنت متي .عبرلأا ةرئادلا ققتح امدنع لياعلا ميلعتلا ىوتسم ينستح متي ، اسماخ .ةياقولاو ةطلخا ينستح قيرط نع حيحص ايجولونكتلا ريوطتو ، ةحلصلدا باحصأ بلطو ، ةيعامتجلاا ةجالحا في رظنلا للاخ نم ةدولجا نامض قيرف عامتجا للاخ .مولعلاو ةدولجا ينستح ، يلخادلا ةدولجا نامض ماظن: ةلادلا تاملكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:41
Last Modified: 11 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15972

Actions (login required)

View Item View Item