KONSEP PENDIDIKAN REMAJA UNTUK MENANAMKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM

VHARENSIE, ANNISA (2021) KONSEP PENDIDIKAN REMAJA UNTUK MENANAMKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KONSEP PENDIDIKAN REMAJA UNTUK MENANAMKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM Oleh Vharensie Annisa Remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa, masa ini sangat rentan dengan akan berbagai masalah. Kondisi remaja saat ini, merupakan kondisi yang jauh dari nilai- nilai keislaman, rusaknya moral para remaja, perlakuan seks bebas, narkotika, merampok, berbohong, dan perkelahian serta kejahatan lainnya, dari permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep Pendidikan Remaja Untuk Menanamkan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Metode penelitian ini menggunakan adalah library research atau penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan adalah studi yang mempelajari berbagai buku referensi serta hasil penelitian sebelumnya yang sejenis yang berguna untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti. Penelitian kepustakaan juga berkaitan dengan kegiatan membaca, mencatat, serta mengolah bahan penelitian tersebut. kajian literatur ini merupakan analisa dan pengkajian informal, dimana memusatkan perhatian pada temuan-temuan, meringkas isi literatur serta mengambil kesimpulan dari suatu isi literatur tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan Konsep pendidikan remaja untuk menanamkan akhlak dalam prespektif Islam adalah seorang pendidik harus memahami aspek psikologis remaja, baik secara fisik,emosional,sosial,nilai moral dan pemahaman pada remaja, untuk menanamkan akhlak bagi remaja harus sesuai antara ciri ciri psikologis remaja dengan metode yang akan digunakan dalam menanamkan pendidikan akhlak. Contohnya pada remaja akan mengalami perubahan bentuk tubuh metode yang digunakan melalui metode perhatian dan pelajaran terhadap persoalan perubahan fisik yang dialami iiremaja, kemudian pada remaja yang mengalami perubahan emosional dengan metode yang tepat yaitu dengan metode curhat memberi perhatian yang lebih pada remaja, selanjutnya untuk mendidik remaja senantiasa mengawasi dan memlilihkan lingkungan pergaulan yang baik serta menjadi pendidik dengan teladan yang yang baik pada remaja adapun kegiatan pendidikran remaja harus menyesuaikan dengan ciri ciri perkembangan dan pertumbuhannya. Kata Kunci; Pendidikan Remaja, Akhlak, Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:32
Last Modified: 11 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

View Item View Item