PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KUNTUM MELATI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020

MONICA, TRIYANTI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KUNTUM MELATI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP MONICA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan sosial anak. Keterampilan sosial anak adalah kemampuan untuk melakukan adaptasi sosial dalam rangka menciptakan hubungan sosial dan menjaga hubungan sosial baik dengan teman sebaya maupun orang lain. Kemampuan itu antara lain:Kemampuan membangun hubungan kooperatif, kemampuan memiliki kepekaan sosial, kemampuan menyesuaikan diri, kemampuan untuk berkomunikasi. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran kelompok dengan Teknik Modelling Dalam meningkatkan Keterampilan sosial pada Anak di Taman Kanak-Kanak Kuntum Melati Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimental design dengan desain Non equivalent control grup design. Sampel dalam penelitian berjumlah 16 Anak di TK Kuntum melati tahun 2020 yang memiliki masalah dalam keterampilan sosialnya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung.Hasil rata-rata skor keterampilan sosial sebelum mengikuti pembelajaran kelompok dengan teknik modelling adalah 56.88 dan setelah mengikuti pembelajaran kelompok dengan teknik modelling meningkat menjadi 98.75. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks yang dilakukan dengan menggunakan Statistic Product and Service Solution 20.0 for Windows, diperoleh nilai Asymp.Sig = 0.012<nilai signifikansi α = 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terjadi peningkatan keterampilan sosial yang signifikan setelah diberikan perlakuan.Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajran kelompok dengan teknik modelling merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih untuk diterapkan dan terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan keterampilan sosial anak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa layanan pembelajaran kelompok dengan modelling dapat meningkatkan keterampilan sosial anak di Taman Kanak-Kanak Kuntum Melati tahun 2020. Kata Kunci : Pembelajaran Kelompok, Teknik Modelling, Keterampilan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:07
Last Modified: 11 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15969

Actions (login required)

View Item View Item