ANALISIS IMPLEMENTASI GADAI EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH DAN BANK SYARIAH MANDIRI DITINJAU DARI SHARIAH COMPLIANCE (Studi Pada Pegadaian Syariah Kota Metro dan Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kota Metro)

NOVA, PURNAMA SARI (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI GADAI EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH DAN BANK SYARIAH MANDIRI DITINJAU DARI SHARIAH COMPLIANCE (Studi Pada Pegadaian Syariah Kota Metro dan Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kota Metro). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Shariah compliance secara operasional adalah kepatuhan kepada Dewan Syariah Nasional (DSN). Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) merupakan perwujudan prinsip dan aturan syariah yang harus ditaati dalam perbankan syariah. Elemen yang memiliki otoritas dan wewenang dalam melakukan pengawasan Shariah compliance pada Lembaga Keuangan Syariah adalah Dewan Pengawas Syariah (DPS). Produk yang ditawarkan oleh Lembaga Keuangan Syariah kepada masyarakat harus memiliki Fatwa Dewan Syariah Nasional, sehingganya diharapkan dapat berjalan sesuai dengan aturan syariah. Lembaga Keuangan Syariah berinovasi mengeluarkan produk, salah satunya ialah produk gadai emas syariah. Data menunjukan terjadi peningkatan minat masyarakat terhadap gadai emas dari tahun 2015 s/d 2019 di Pegadaian Syariah Cabang Metro dan Bank Syariah Mandiri KC Metro. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi gadai emas di Pegadaian Syariah dan Bank Syariah Mandiri ditinjau dari Shariah compliance. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian file research dengan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan di Pegadaian Syariah Cabang Metro dan Bank Syariah Mandiri KC Metro.Wawancara dilakukan terhadap fungsionaris Pegadaian Syariah Cabang Metro, fungsionaris Bank Syariah MandiriKCMetro,nasabah gadai emas dan Dewan Pengawas Syariah. Sedangkan dokumentasi diperoleh dari sumber data tertulis yang diperoleh dari lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima indikator yang digunakan dalam meninjau shariah compliance pada produk gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang Metro dan Bank Syariah Mandiri KC Metro, terdapat satu indikator yangbelum sepenuhnya sesuai dengan shariah compliance, yakni indikator pertama yang berbunyi:“akad atau kontrak yang digunakan untuk pengumpulan dan penyaluran dana sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan aturan syariah yang berlaku.” Pada praktiknya Pegadaian Syariah Cabang Metro dan Bank Syariah Mandiri KC Metro menetapkan biaya penyimpanan dan pemeliharaan dengan menggunakan rumus perhitungan yang presentasenya masih bergantung pada jumlah pinjaman dan itu bertentangan dengan Fatwa Nomor 25/DSN/III/2002 tentang rahn butir ke 4. Serta penetapan biaya administrasi di Pegadaian Syariah Cabang Metro belum didasarkan pada pengeluaran yang nyata- nyata diperlukan dan itu tidak sesuai dengan Fatwa DSN Nomor 26/DSN- MUI/III/2002 tentang rahn emas butir ke3. KataKunci: Rahn Emas, Shariah Compliance,Dewan Pengawas Syariah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:36
Last Modified: 07 Oct 2021 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15956

Actions (login required)

View Item View Item