ANALISIS PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATAN PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Kuliner di Kecamatan Sukarame Bandar Lampung Perspektif Ekonomi Islam)

Muhammad, Mirdza (2021) ANALISIS PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATAN PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Kuliner di Kecamatan Sukarame Bandar Lampung Perspektif Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Muhammad Mirdza_1751010204_FEBI_ES.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I, 2 Muhammad Mirdza.pdf] PDF
Download (781kB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan dunia komersial berbasis online (internet), dikenal juga sebagai e-commerce, berkembang sangat pesat dalam dua puluh tahun terakhir. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang pesat, pola dan sistem pembayaran dalam transaksi ekonomi terus mengalami perubahan. Kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran menggeser peranan uang tunai (currency) sebagai alat pembayaran ke dalam bentuk pembayaran digital yang lebih efisien dan ekonomis. Para pelaku ekonomi pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner di Kota Bandar Lampung sekarang tidak hanya dapat menghasilkan suatu produk saja, namun juga harus beradaptasi dan menerapkan perkembangan teknologi ke kegiatan ekonominya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penerapan ekonomi digital pada pelaku usaha UMKM kuliner di kota bandar lampung prespektif ekonomi islam dan untuk mengetahui pengaruh ekonomi digital dalam meningkatkan pendapatan pelaku usaha UMKM kuliner di kota bandar lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ekonomi digital pelaku usaha UMKM kuliner di Kota Bandar Lampung sudah mulai berkembang pesat dalam memenuhi kebutuhan digitalisasi dalam berbisnis. Perkembangan ekonomi digital menjadi peran penting agar ketangguhan ekonomi di Kota Bandar Lampung dapat terjaga apalagi di era new normal ini.Pengaruh ekonomi digital dalam UMKM kuliner di Kota Bandar Lampung sangat luar biasa. Hadirnya GoFood, GrabFood, ShopeePay, Aplikasi pemesanan, dan website mempermudah akses dalam transaksi yang dilakukan dan dapat meningkatkan pendapatan UMKM tersebut serta luasnya akses penjualan yang didapatkan dalam melakukan usahanya. Kemudian terhindar dari risiko fraud (transaksi palsu) dan juga mempermudah cara UMKM kuliner melakukan bisnis. Kata Kunci : Ekonomi Digital, UMKM, Pembayaran Digital, Digital Marketing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:19
Last Modified: 07 Oct 2021 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15946

Actions (login required)

View Item View Item