PENGARUH KONSELING REALITAS TERHADAP PERILAKU AGRESIF DI MTS GUPPI I LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WIWIN, MINARSIH (2021) PENGARUH KONSELING REALITAS TERHADAP PERILAKU AGRESIF DI MTS GUPPI I LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIWIN MINARSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku agresif peserta didik di MTs Guppi I Lampung Selatan dengan menggunakan konseling realitas. Berdasarkan data pra penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat peserta didik yang memiliki masalah pada perilaku agresif. Guru BK menjelaskan bahwa siswa ini sering sekali berkelahi dengan temannya, jahil terhadap teman-temannya, sering berkata kasar dan juga siswa selalu mengejek temannya dengan kekurangan yang dimiliki orang lain mengejek fisik ataupun yang lainnya. perilaku agresif yang dimiliki oleh siswa ini yang dilandasi berdasarkan asumsi dari Medinus dan Johnson yang menjelaskan bahwa perilaku agresif dibagi menjadi empat bagian yaitu perilaku agresif verbal, perilaku agresif fisik, menyerang suatu objek dan pelanggaran hak milik. Namun, selama proses pengamatan pra penelitian yang dilakukan perilaku agresif dengan indikator menyerang suatu objek tidak Nampak pada siswaoleh karena itu indikator tersebut dihilangkan. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain yang digunakan adalah A-B-A, populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII/C di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik kelas VIII/C sebagai peserta didik yang memiliki masalah perilaku agresif secara verbal maupun fisik. Alat instrumentasi penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. instrumen yang digunakan dalam melakukan observasi berupa tabel pengamatan menggunakan sistem pencatatan kejadian (frekuensi), yaitu dengan cara memberikan tanda (tally) pada kertas pedoman observasi. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan perilaku agresif subjek pada saat fase baseline A1, intervensi dan baseline A2 mengalami perbedaaan. Pada saat baseline A1 skor mencapai frekuensi kejadian perilaku agresif sebanyak 77 kali Dan pada fase intervensi, setelah diberikan perlakuan frekuensi perilaku agresif pada subjek menjadi semakin menurun dari sesi ke sesi kini dalam sesi ke 6 sesi terakhir dalam intervensi menurun hingga hanya mencapai 6 kali perilaku agresif muncul. Sedangkan pada baseline A2 perilaku agresif siswa menjadi stabil yaitu hanya muncul 2 kali saja setiap sesinya. Maka dapat dilihat dari hasil penelitian yang telah dilakukan penggunaan konseling realitas dapat berpengaruh untuk mengatasi perilaku agresif pada siswa di MTs Guppi I Lampung Selatan. Kata Kunci : Konseling Realitas, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:23
Last Modified: 06 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15941

Actions (login required)

View Item View Item