ANALISIS SINGLE DIGITAL TERHADAP PEMBIAYAAN KURS (KREDIT USAHA RAKYAT SYARIAH) PADA BRI SYARIAH KCP DAYA MURNI TULANG BAWANG BARAT

LUSI, PRATIWI (2021) ANALISIS SINGLE DIGITAL TERHADAP PEMBIAYAAN KURS (KREDIT USAHA RAKYAT SYARIAH) PADA BRI SYARIAH KCP DAYA MURNI TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tingginya margin menjadi keluhan terbesar bagi debitur, terutama pada produk pembiayaan atau pinjaman skala kecil pada usaha kecil menengah. Produk KURS (Kredit Usaha rakyat Syariah) Mikro iB hadir di BRI Syariah KCP Daya Murni Tulang Bawang Barat tepat pada Januari 2017, pada tahun 2017 margin yang di keluarkan sebesar 9% pertahun nya. Margin adalah selisih harga jual dikurangi harga beli. Single digial merupakan margin perbankan satu angka di depan koma yang didikeluarkan BI berada pada kisaran 7%- 9% pertahun. Pembiayaan adalah kesepakatan antara dua pihak dimana disertai bagi hasil sesuai jangka waktu yang ditentukan. Penerapan margin single digital pada BRI Syariah KCP Daya Murni Tulang Bawang Barat margin 0,28% perbulan setara dengan 7% pertahun dan 1% diarahkan kepada pemerintah sebagai bagi hasil. Dari beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa pembiayaan KURS (Kredit Usaha Rakyat Syariah) yakni akad murabahah, terdiri dari program pemerintah dan dari pihak BRI Syariah sendiri. Yang mana dapat membantu pelaku UMKM yang mengalami kesulitan modal usaha. Kinerja BRI Syariah KCP Daya Murni Tulang Bawang Barat setelah menerapkan program KURS iB, dilihat dari segi outstanding unit mengalami pertumbuhan sebesar 80%. Dari segi NPF (Not Performing Finance) megalami penurunan dimana pada akhir Desember 2019 berkisar 3,38% sedangkan NPF Desember 2020 berkisar 1,77%. Dari segi laba sendiri mengalami peningkatan memperoleh laba sebesar 23% pada tahun 2020. Kata kunci: Margin Single Digital, Pembiayaan, Hasil Kinerja BRI Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:14
Last Modified: 06 Oct 2021 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15940

Actions (login required)

View Item View Item