FUNGSI PENGAWASAN DALAM MEKANISME PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN ZAKAT DI LAZIS AT-TAQWA GUMAWANG KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR

Amy, Restiana (2021) FUNGSI PENGAWASAN DALAM MEKANISME PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN ZAKAT DI LAZIS AT-TAQWA GUMAWANG KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 & 5 AMY RESTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1 & 2 AMY RESTIANA.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK LAZIS At-Taqwa Gumawang Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur merupakan lembaga berswadaya masyarakat dibawah naungan Yayasan At-Taqwa sebagai pengelola zakat. Kurangnya informasi mengenai tatacara pelaksanaan zakat menjadi salah satu hambatan terealisasinya ajaran zakat. Dalam prakteknya penyaluran zakat masih ada yang salah sasaran mengakibatkan zakat jatuh ke tangan orang-orang yang salah. Untuk mencapai suatu hasil yang maksimal tentunya dibutuhkan pengawasan agar penghimpunan dan penyaluran zakat dapat tersalurkan kepada yang berhak menerima. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana fungsi pengawasan dalam pengelolaan zakat di LAZIS At-Taqwa Gumawang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penulis mendeskripsikan hasil penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Fungsi Pengawasan dalam mekanisme penghimpunan dan penyaluran zakat di LAZIS At�Taqwa Gumawang sudah berjalan dengan baik. Pengawsan dilakukan oleh unsur internal yaitu salah satu dari Yayasan At-Taqwa Gumawang di bidang social dan peribadatan. Dalam prosesnya fungsi pengawasan LAZIS At-Taqwa Gumawang memiliki 4 tahapan�tahapan yaitu: menetapkan standar pengawasan sebgai acuan untuk mentukan standar-standar dalam mencapai tujuan yang diinginkan, pengukuran pelaksanaan kegiatan yaitu mengukur tugas-tugas kinerja amil, analisa pengawasan yaitu membandingkan standar pengwsan dengan hasil kinerja amil apakah sesuai dengan standar-standar yang telah di tetapkan, yang trakhir yaitu mengambil tindakan perbaikan yang apabila terjadi penyimpangan atau kesalahan pada kinerja amil yang mana tidak sesuai denga standar dan terdapat perdapat perbedaan yang signifikan. Kemudian untuk penghimpunan dan penyaluran zakat di LAZIS At-Taqwa Gumawang yaitu melalui program pencari dana, kotak amal dan rekening serta melalui program santunan anak yatim piatu dan program bingkisan. Penyaluran zakat diprioritaskan untuk anak-anak yatim piatu, kaum dhuafa, fakir miskin dan muallaf. Kata Kunci: Fungsi Pengawasan, Zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:55
Last Modified: 05 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item