UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS III DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ALBANI, YUSUF EKASUIZ (2021) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS III DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ALBANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS III DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh Albani Yusuf Ekasuiz Motivasi belajar peserta didik yang masih kurang merupakan penyebab kurangnya semangat dan motivasi dalam belajar. Guru bimbingan dan konseling sangat berperan penting dalam membantu dan mengarahkan peserta didik sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui cara guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis field research (penelitian lapangan), subyek dalam penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, peserta didik kelas XI IPS III di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Obyeknya adalah kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuktulisan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan 4 cara yaitu: penyusunan program, melaksanakan program, evaluasi, dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:38
Last Modified: 04 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15922

Actions (login required)

View Item View Item