PENGARUH PERSEPSI, TINGKAT RELIGIUSITAS DAN DISPOSABLE INCOME TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARI’AH (Studi Pada Dosen UIN Raden Intan Lampung)

Ningsih , Julia Sri (2017) PENGARUH PERSEPSI, TINGKAT RELIGIUSITAS DAN DISPOSABLE INCOME TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARI’AH (Studi Pada Dosen UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Salah satu prinsip syariah yang diterapkan oleh perbankan syariah adalah larangan adanya riba dalam berbagai bentuk transaksi. Masalah utama yang dihadapi lembaga keuangan syariah adalah bagaimana perusahaan menarik pelanggan dan mempertahankannya agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang. Salah satu caranya adalah dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: faktor kebudayaan, kelas sosial, keluarga, status, kelompok atau komunitas, usia, pekerjaan, gaya hidup dan lain-lain. Selain faktor tersebut perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh persepsi yang konsumen miliki, dan tingkat religiusitas juga merupakan faktor pembentuk perilaku konsumen. Selain membahas faktor-faktor perilaku konsumen, akan dibahas juga faktor yang mempengaruhi konsumsi. Diantaranya Keynes menyatakan bahwa konsumsi dipengaruhi oleh pendapatan disposable. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, tingkat religiusitas, dan disposable income, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat menabung di perbankan syariah (studi pada dosen UIN Raden Intan Lampung). Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini yaitu dosen UIN Raden Intan Lampung. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling, diambil sampel sejumlah 38 dosen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah. Hal ini didapat berdasarkan perhitungan Uji T yaitu thitung > ttabel (2,396 > 2,03011). Dengan nilai signifikansi (0,022 < 0,05). (2) Tingkat religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah. Hal ini didapat berdasarkan perhitungan Uji T yaitu thitung > ttabel (5,052 > 2,03011). Dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). (3) Disposable income tidak berpengaruh terhadap minat menabung di perbankan syariah. Hal ini didapat berdasarkan perhitungan Uji T yaitu thitung < ttabel (–0,253 < 2,03011). Dengan nilai signifikansi (0,802 > 0,05). (4) persepsi (X1), tingkat religiusitas (X2) dan disposable income (X3), berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependennya yaitu minat menabung di perbankan syariah (Y). Hal ini didapatkan berdasarkan pengujian perbandingan Fhitung yang lebih besar dari pada Ftabel yaitu Fhitung > Ftabel (13,596 > 2,88) sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi, tingkat religiusitas dan disposable income secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung. Sehingga, ketika perbankan akan meningkatkan minat menabung maka ketiga variabel baik persepsi, tingkat religiusitas ataupun disposable income harus sama-sama diperhatikan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Karena ketiganya mempunyai pengaruh masing-masing terhadap minat menabung di perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:35
Last Modified: 17 Oct 2017 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1591

Actions (login required)

View Item View Item