ANALISIS PENERAPAN PEMBAYARAN NON TUNAI GOPAY DAN GRABPAY GUNA PENGUATAN UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kota Bandar Lampung)

DANI, RISMAYADI (2021) ANALISIS PENERAPAN PEMBAYARAN NON TUNAI GOPAY DAN GRABPAY GUNA PENGUATAN UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI Dani Rismayadi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Dani Rismayadi Bab I & II.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam aktifitas sehari-hari. kemajuan teknologi yang telah menyentuh kegiatan ekonomi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, seperti adanya E-money. E-money adalah alat pembayaran non tunai yang efisien dan mudah digunakan, karena dapat digunakan sebagai alat pembayaran banyak UMKM di Bandar Lampung yang telah menggunakan sistem pembayaran non tunai ini, salah satunya adalah UMKM, hal ini bertujuan kemudahan dan juga meningkatkan omset penjualan. Latar belakang penelitian ini adalah ditengah krisis saat ini banyak pelaku UMKM yang menutup usahanya karena proses pembayaranya masih konvensional dengan pertukaran uang kertas dengan melakukan kontak fisik, hal ini tentunya riskan dan dapat menimbulkan kekhawatiran menyebarnya virus corona. Hal ini sepertinya tidak berlaku bagi usaha UMKM di kecamatan Sukarame yang berhasil bertahan di tengah pandemi saat ini, salah satu faktornya adalah karena warung usahanya telah menerapkan sistem pembayaran non tunai yaitu menggunakan aplikasi E-money Gopay dan Grabpay. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan pembayaran non tunai ini membawa dampak positif baik kepada warung UMKM maupun pembeli karena dapat membantu menghemat pengeluaran dan juga meningkatkan pendapatan, dalam pandangan Ekonomi Islam penerapan pembayaran non tunai ini dijelaskan “pada dasarnya semua bentuk muamalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya” sehingga penerapan non tunai Gopay dan Grabpay tentu sangat membantu masyarakat luas, baik bagi pengusaha kuliner, driver dan konsumen, maka keberadaan Gopay dan Grabpay termasuk mendatangkan maslahah mursalah. Dalam hal ini, maslahah yang di temukan akan keberadaan Gopay dan Grabpay adalah maslahah daruriyah. Kata Kunci: Non Tunai, E-money, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:25
Last Modified: 30 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15904

Actions (login required)

View Item View Item