IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH (MBM) DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

JAMHARI, S3 MPI (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH (MBM) DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DISERTASI JAMHARI SAMPAI BAB 2 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of disertasi JAMHARI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) dalam Pengembangan Madrasah Aliyah Swasta Di Kabupaten Lampung Timur Oleh : Jamhari Lembaga Pendidikan yang melaksanakan strategi pengembangan madrasah sangat penting sekali untuk membangun kekompakan, militansi dan kedisiplinan yang tinggi, loyal dan setia kepada organisasi, serta mempunyai kekuatan mental menghadapi ancaman dan tantangan. MBM merupakan strategi peningkatan kualitas pendidikan. Pengelola madrasah dalam membenahi dan meningkatakan kualitas madrasah perlu mengetahui karakteristik MBM : 1) Lingkungan sekolah yang aman dan tertib, 2) Sekolah memiliki visi dan target mutu yang ingin dicapai, 3) Sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat, 4) Adanya harapan yang tinggi dari personel sekolah (kepala madrasah, guru, dan staf lainnya, termasuk siswa) untuk berprestasi, 5) Adanya pelaksanaan evaluasi yang terus menerus terhadap berbagai aspek akademis dan administratif, serta pemanfaatan hasil untuk penyempurnaan/perbaikan mutu, 6) Adanya komunikasi dan dukungan intensif dari orang tua siswa serta masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Madrasah Aliyah Swasta di Lampung Timur: MA. Ma’arif NU 02 Sidorejo, MA Sriwijaya, MA Darul Huda Sumbersari. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Strategi pengembangan Madrasah MA. Ma’arif NU 02 Sidorejo Sumbersari dalam menciptakan lingkungan madrasah yang aman dan tertib dengan menciptakan madrasah yang aman, nyaman, dan disiplin agar siswa dapat mencapai prestasi yang terbaik, pihak lembaga madrasah bekerjasama dengan masyarakat sekitar madrasah.Namun MA Darul Huda arena adanya sebuah konflik intern dengan yayasan sehingga lembaga pendidikan kurang nyaman. MA. Ma’arif NU 02 Sidorejo, MA Sriwijaya, MA Darul Huda Dalam pengembangan visi dan pencapaian target yang bermutu lembaga memberikan penguatan intelektual dan keterampilan. MA. Ma’arif NU 02 Sidorejo, MA Sriwijaya, MA Darul Huda mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran tuntas MA. Ma’arif NU 02 Sidorejo untuk Mensyarankan guru tamat S1 untuk melanjutkan S2 sedangkan MA Sriwijaya untuk melaksanakan kegiatan kerohanian 2 minggu sekali dan vimengadakan dan mengikut sertakan guru dalam kegiatan lokakarya maupun seminar baik lokal maupun regional. MA. Ma’arif NU 02 Sidorejo, MA Sriwijaya, MA Darul Huda membuat wadah komite kelas sebagai wadah Komunikasi intensif dari orang tua siswa sehingga dapat saling berdiskusi untuk membantu guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Peneliti memberikan rekomendasi Starategi pengembangan MBM pada Madrasah Aliyah mengutamakan kepuasan pelanggan dalam pelayanan pendidikan, menumbuhkan sikap responsif dan antisipatif terhadap kebutuhan peserta didik, meningkatkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat, menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib, menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah, menumbuhkan harapan prestasi yang tinggi, menumbuhkan kemauan untuk berubah, mengembangkan komunikasi yang baik, mewujudkan teamwork yang kompak, mewujudkan visi dan misi sekolah, melaksanakan pengelolaan tenaga pendidikan secara efektif, melaksanakan manajemen secara transparan dan akuntabel Kata kunci:Pengembangan, Manajemen Berbasis Madrasah viiABSTRACT Implementation of Madrasah Based Management (MBM) Islamic high school Development In East Lampung Regency By : Jamhari Educational Institutions that implement madrasah development strategies are very important to build cohesiveness, militancy and high discipline, loyal and loyal to the organization, and have the mental strength to face threats and challenges. MBM is a strategy to improve the quality of education. Madrasa managers in improving and improving the quality of madrasas need to know the characteristics of the MBM: 1) Safe and orderly school environment, 2) Schools have a vision and quality targets to be achieved, 3) Schools have strong leadership, 4) There are high expectations from personnel schools (madrasa principals, teachers, and other staff, including students) for achievement, 5) The existence of a continuous evaluation of various academic and administrative aspects, as well as the use of results for quality improvement / improvement, 6) There is intensive communication and support from people parents and students. This research is a type of field research using a qualitative approach. The research location is Private Aliyah Madrasah in East Lampung: MA. Ma'arif NU 02 Sidorejo, MA Sriwijaya, MA Darul Huda Sumbersari. The results obtained are the MA Madrasah development strategy. Ma'arif NU 02 Sidorejo Sumbersari in creating a safe and orderly madrasa environment by creating a madrasa that is safe, comfortable, and disciplined so that students can achieve the best performance, the madrasa institution cooperates with the community around the madrasa. But MA Darul Huda arises a conflict intern with foundations so educational institutions are less comfortable. MA Ma'arif NU 02 Sidorejo, MA Sriwijaya, MA Darul Huda In developing a vision and achieving quality targets the institution providesstrengthening intellectual and skill. MA Ma'arif NU 02 Sidorejo, MA Sriwijaya, MA Darul Huda optimizes the implementation of MA complete learning. Ma'arif NU 02 Sidorejo to Suggest S1 graduate teachers to continue their Masters while MA Sriwijaya to carry outactivities every spiritualtwo weeks and hold and include teachers in workshops and seminars both locally and regionally. MA Ma'arif NU 02 Sidorejo, MA Sriwijaya, MA Darul Huda created a class committee forum as an intensive communication forum for students' parents so that they could discuss with each other to help teachers improve education quality. Researchers provide recommendations on the development of MBM in Madrasah Aliyah prioritizing customer satisfaction in educational services, viiifostering responsive and anticipatory attitudes towards the needs of students, increasing the participation of school and community members, creating a safe and orderly school environment, fostering a culture of quality in the school environment, fostering expectations high achievement, foster a willingness to change, develop good communication, realize a compact teamwork, realize the vision and mission of the school, carry out effective management of education personnel, carry out management transparently and accountably Keywords: Development, Madrasah-Based Management ixصخلم ةيلهلأا ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلما ىلع ةمئاقلا ةرادلإا ذيفنت ةيقرشلا جنوفلم ةقطنلمبا طابظنلإاو لضانلداو جمدلدا ءانبل ايرثك متته ةسردلدا روّطت ةيتجاتًس تماق تيلا ةيوبتًلا ةسسؤلدا ةيفيك ةيقتًل ةيتجاتًس MBM .دحتلاو ديدهتلا لابقتسلإ جزا لدا ةوّق كلم عم ةمظنلدا ىلع ةمدلخاو لياعلا نمأ ةسردلدا ةئيب )١ :ةيلاتلا صئاصلخا لىإ جاتيح ةسردلدا ةيفيك ةيقرتو حلصلا في ةسردلدا مداخو .ةيبتًلا لك عم ةيلاعلا ةينملأا )٤ ةيوّق ةيسيئر الذ ةسردلدا )٣ اهضبقت تىلا ةنيعم ةياغو ةرظن الذ ةسردلدا )٢ بيترتو ةيحنا ىلع لصتمو جردنم يموقتب مايق )٥ زانجلإ )بلاطلاو فظولداو سردلداو ةسردلدا سيئر( ةسردلدا مداخ .عمتلمجاو بلاطلا ءايلوأ نم ةعفدلاو ةلصاولدا )٦ طايرقلا ينستحو لمكتل جئاتنلا ةدافتسإ عم ةيرادلإاو ةيوبتًلا ةيملاسإ ةيونثا ةسردم ثحبلا عقومو .يفيكلا لخدم مادختسبإ نيديم ثبح نم ثحبلا اذهو ةيوناثلا ةسردلداو اجاراديس٢ ءاملعلا ةضنه فراعلدا ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلدا :ةيقرشلا جتوفلدبا ةيلهأ .يراس رابموس ىدلذا راد ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلداو ياايجويرس ةيملاسلإا فراعلدا ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلدا ةسردلدا ريوطت ةيجيتاتًسا يه اهيلع لوصلحا تم تيلا جئاتنلا ةنمآ ةسردم ءاشنإ للاخ نم بيترتو ةنمآ ةيسردم ةئيب ءانب في يراس رابسم اجاراديس ٢ ءاملعلا ةضنه لوح عمتلمجا عم ةسردلدا ةسسؤم نواعتت ، ءادأ لضفأ قيقتح نم بلاطلا نكمتي تىح ةطبضنمو ةيحرمو نوكت ثيبح تاسسؤلدا عم بردتم عارص نع أشنت ىدلذا راد ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلدا نكل .ةسردلدا ةسردلداو اجاراديس ٢ ءاملعلا ةضنه فراعلدا ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلدا .ةحار لقأ ةيميلعتلا تاسسؤلدا قيقتحو ةيؤر ريوطت في يراس رابموس ىدلذا راد ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلداو ياايجويرس ةيملاسلإا ةيوناثلا ٢ ءاملعلا ةضنه فراعلدا ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلدا .تاراهلداو ركفلا ةيوقت ةسسؤلدا رفوت ، ةدولجا فادهأ نسيح يراس رابموس ىدلذا راد ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلداو ياايجويرس ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلداو اجاراديس ةذتاسأ حاتًقلا اجاراديس ٢ ءاملعلا ةضنه فراعلدا ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلدا .لماكلا ملعتلا يرتسجام ذيفنت ةطشنلأبا مايقلل ياايجويرس ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلداو امنيب يرتسجالدا ةجرد ةلصاولد S1 ايلعلا تاساردلا تاودنلاو لمعلا شرو في ينملعلدا جاردإو دقعو ينعوبسأ لك ةيحورلا ةيوناثلا ةسردلدا .ايًميلقإو ايًلمح ةيوناثلا ةسردلداو ياايجويرس ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردلداو اجاراديس ٢ ءاملعلا ةضنه فراعلدا ةيملاسلإا xءايلولأ فثكم لاصتا ىدتنمك ةيساردلا لوصفلا ةنلج ىدتنم أشنأ يراس رابموس ىدلذا راد ةيملاسلإا .ميلعتلا ةدوج ينستح ىلع ينملعلدا ةدعاسلد ضعبلا مهضعب ةشقانم نم اونكمتي تىح بلاطلا رومأ في ءلامعلا اضرل ةيولولأا يطعت ةيلاع ةسردم في MBM ريوطتل تايصوت ةثحابلا مدقت ءاضعأ ةكراشم ةديازو ، بلاطلا تاجايتحلا ةيقابتسلااو ةبيجتسلدا فقاولدا زيزعتو ، ةيميلعتلا تامدلخا زيزعتو ، ةيسردلدا ةئيبلا في ةدولجا ةفاقث زيزعتو ، ةمظنمو ةنمآ ةيسردم ةئيب قلخو ، عمتلمجاو ةسردلدا ، طوغضم يعاجم لمع قيقتحو ، ديلجا لصاوتلا ريوطتو ، يريغتلا في ةبغرلا زيزعتو ، ةيلاع تازانجإ تاعقوتلا .ةيلوؤسمو ةيفافشب ةرادلإا ذيفنتو ، سيردتلا ةوقل ةلاعفلا ةرادلإبا مايقلاو ، ةسردلدا ةلاسرو ةيؤر قيقتحو .ةسردلما ساسأ ىلع ةيرادلإا ، روّ طت : ةيسيئرلا تاملكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:28
Last Modified: 30 Sep 2021 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item