STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH (Uji Pengaruh Spiritualitas Islam di Tempat Kerja Terhadap Kepuasan Kebutuhan Psikologis Dasar dan Motivasi Determinasi Diri Guru serta Implikasinya Pada Capaian Mutu Pendidikan Madrasah Di Kabupaten Lampung Tengah)

DEDI, ANDRIANTO (2021) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH (Uji Pengaruh Spiritualitas Islam di Tempat Kerja Terhadap Kepuasan Kebutuhan Psikologis Dasar dan Motivasi Determinasi Diri Guru serta Implikasinya Pada Capaian Mutu Pendidikan Madrasah Di Kabupaten Lampung Tengah). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DISERTASI DEDI ANDRIANTO DARI BAB 1 s.d BAB II di tambah Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of DISERTASI DEDI ANDRIANTO PENUH COVER s.d LAMPIRAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Secara nasional, target capaian mutu pendidikan madrasah belum tercapai. Pada level daerah di Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Lampung Tengah, masih ada madrasah yang berada dibawah capaian mutu pendidikan. Pada paradigma baru, sistem penjaminan mutu nasional menetapkan bahwa guru merupakan sumber daya yang menjadi tulang punggung pencapaian mutu pendidikan. Hal ini sejalan dengan Deming’s Theory. Kebijakan strategis ini perlu direspon oleh madrasah untuk merancang pengembangan sumber daya guru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan kombinasi dari teori job demands-reosurces (JD-R) dan Self-determination theory (SDT), capaian kerja individu dipengaruhi oleh faktor sumber daya personal, sumber daya pekerjaan, serta tuntutan pekerjaannya yang akan berproses terhadap motivasi dalam dirinya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk merancang strategi peningkatan mutu pendidikan madrasah berbasis pada pengembangan perilaku dari sumber daya guru dengan menguji spiritualitas Islam di tempat kerja terhadap kepuasan kebutuhan psikologis dasar dan motivasi determinasi diri guru berbasis JD-R dan SDT, serta menganalisisnya pada pendekatan teori fitrah manusia. Populasi penelitian ini berjumlah 2.159 guru madrasah jenjang pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Indonesia. Pengukuran jumlah sampel menggunakan metode determining minimum untuk margin error 5% dengan teknik clustered sampling. Sebanyak 354 responden telah berpartisipasi dalam pengisian kuesioner online. Karakteristik cluster yang didapatkan adalah 49,72% dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), 37,29% dari jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 12,99% dari jenjang Madrasah Aliyah (MA). Analisis terhadap variabel laten dan diamati dengan menggunakan alat statistik berupa confirmatory factor anlysis (CFA) yang dilakukan secara partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM) dengan bantuan Software SmartPLS 3.0. Hasil model penelitian membuktikan bahwa spiritualitas Islam di tempat kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kebutuhan psikologis dasar dan motivasi determinasi guru yang dapat berimplikasi pada capaian mutu pendidikan madrasah melalui efek mediasi secara berurutan dan keseluruhan. Hasil penelitian yang dianalisis dengan pendekatan teori fitrah manusia menambah penjelasan pada sisi manajemen pendidikan Islam filosofi pengembangan sumber daya manusia berbasis JD-R dan SDT. Berdasarkan hasil temuan dan analisis literatur, strategi peningkatan mutu pendidikan pada tataran prencangan diajukan dengan konsepsi proses kesalehan organisasi (piousness organizational process), kemudian pada tataran implemensi mengajukan konsepsi 14 point’s Deming, serta untuk model evaluasi mengajukan konsepsi ihsan behavior. Kata kunci: Spiritualitas Islam di Tempat Kerja, JD-R, SDT. viABSTRACT Nationally, the achievement of the quality of madrasah education target has not been achieved. At the regional level in Lampung Province, especially Central Lampung Regency, any madrasah that was below the achievement of the quality of education. In the new paradigm, the national quality assurance system has set that teachers were the resources to became the backbone of achieving the quality of education. This was in line with Deming's Theory. Madrasah need to respond to this strategic policy for design teacher resource development to improve the quality of education. Based on the combination of job demands-resources theory (JD-R) and self-determination theory (SDT), job performance has influenced by personal resources, job resources, and job demands which will proceed to his inner motivation. Therefore, the purpose of this study was to design a strategy for improving the quality of madrasa education based on the development of behaviour from teacher resources by testing Islamic spirituality in the workplace on the basic psychological needs satisfaction and teachers self-determination motivation based on JD-R and SDT, as well as analyzed it on human nature theory approach. The population of this study amounted to 2,159 madrasah teachers for primary and secondary education in Central Lampung Regency, Lampung Province, Indonesia. The number sample size has been used to determine the minimum method for a margin error of 5% with clustered sampling technique. A total of 354 respondents have participated in filling out the online questionnaire. The cluster characteristics obtained were 49.72% from the Madrasah Ibtidaiyah (MI) level, 37.29% from the Madrasah Tsanawiyah (MTs) level, and 12.99% from the Madrasah Aliyah (MA) level. Analysis of latent variables and observations has used a statistical tool in the form of confirmatory factor analysis (CFA) which was carried out by partial least square-structural equation modelling (PLS-SEM) with the help of SmartPLS 3.0 software. The results of this research model have proven that Islamic spirituality in the workplace has a positive effect on basic psychological needs satisfaction and teacher self-determination motivation which can have implications for achieving the quality of madrasah education through mediation affects sequentially and overall. The results of the study which were analyzed using the human nature theory approach added to the explanation on the side of Islamic education management, the philosophy of human resource development based on JD-R and SDT. Based on the findings and analysis of the literature, the strategy for improving the quality of education at the design level was proposed with the concept of piousness organizational process, then at the implementation level proposed the 14 point's Deming conception, and for the evaluation model proposed the conception of Ihsan behavior. Keywords: Islamic Spirituality in the Workplace, JD-R, SDT. vii صخلم ةينيدلا سرادملا يف ميلعتلا ةدوج قيقحت نكي مل ، ينطولا ديعصلا ىلع فدهلا عم اقًفاوتم كانه لازت لا ، ىطسولا جنوبملا ةعطاقم ةصاخو ، جنوبملا ةعطاقم يف يميلقلإا ىوتسملا ىلع . عقوتملا نامضل ينطولا ماظنلا صني ، ديدجلا جذومنلا يف .ميلعتلا ةدوج قيقحت ىوتسم نم ىندأ ةينيد سرادم عم ىشامتي اذه .ميلعتلا ةدوج قيقحتل يرقفلا دومعلا حبصت يتلا دراوملا مه نيملعملا نأ ىلع ةدوجلا دراوم ةيمنت ميمصتل ةيجيتارتسلإا ةسايسلا هذهل ةباجتسلاا ىلإ ةينيدلا سرادملا جاتحت . غنيمد ةيرظن ريرقت ةيرظنو (JD-R) لمعلا تابلط ةيرظن نم جيزم ىلع ًءانب .ميلعتلا ةدوج نيسحت لجأ نم نيملعملا يتلا لمعلا تابلطتمو لمعلا دراومو ةيصخشلا دراوملاب يدرفلا يفيظولا ءادلأا رثأتي ، (SDT) ريصملا ناك ، كلذل .يلخادلا هعفاد ىلإ لقتنتس ةدوج نيسحتل ةيجيتارتسإ ميمصت وه ةساردلا هذه نم ضرغلا ناكم يف ةيملاسلإا ةيناحو ر لا رابتخا للاخ نم ملعملا رداصم نم كولسلا ةيمنت ىلع ًءانب يسردملا ميلعتلا و JD-R ساسأ ىلع .نيملعملل ريصملا ريرقتل عفادلاو ةيساسلأا ةيسفنلا تاجاحلا عابشإ ىلع لمعلا .ةيرشبلا ةعيبطلا ةيرظن جهن ىلع اهليلحت كلذكو ،SDT ةساردلا هذه ناكس ددع غلب جنوبملا طسو يف يوناثلاو يئادت بلاا ميلعتلل ةسردم ملعم 2،159 شماهل ىندلأا دحلا ديدحت ةقيرط مادختساب تانيعلا ددع سايق . ايسينودنإ ، جنوبملا ةعطاقم ، يسنجير . تنرتنلإا ربع نايبتسلاا ءلم يف ابًيجتسم 354 هعومجم ام كراش . ةيدوقنعلا تانيعلا ذخأ ةينقتب ٪5 أطخ ٪37.29 ، (MI) ةيئادتبلإا ةسردملا ىوتسم نم ٪49.72 اهيلع لوصحلا مت يتلا ةلتكلا صئاصخ تناك ايلعلا ةسردملا ىوتسم نم ٪12.99 و ، (MTs) ةيونستلا ةسردملا ىوتسم نم ليلحت (MA). مت يذلا (CFA) ديكأتلا لماع ليلحت لكش يف ةيئاصحإ ةادأ مادختساب ةظحلاملاو ةنماكلا تاريغتملا SmartPLS جمان ر ب ةدعاسمب (PLS-SEM) ةريغصلا ةعبرملا ةيلكيهلا ةلداعملا ةجذمن ةطساوب هؤارجإ 3.0 عابشإ ىلع يباجيإ ريثأت اهل لمعلا ناكم يف ةيملاسلإا ةيناحورلا نأ ثحبلا جذومن جئاتن تبثت ميلعتلا ةدوج قيقحت ىلع تاساكعنا هل نوكي دق امم ، ملعملا ديدحت عفاودو ةيساسلأا ةيسفنلا تاجاحلا اهليلحت مت يتلا ةساردلا جئاتن تفيضأ دقو لماشلاو عباتتلاب ةطاسولا تاريثأت للاخ نم يسردملا ةيمنت ةفسلفو ةيملاسلإا ةيبرتلا يف يرادلإا بناجلا حرش ىلإ ةيرشبلا ةعيبطلا ةيرظن جهنم مادختساب ةيجيتارتسا حارتقا مت ، تايبدلأا ليلحتو جئاتنلا ىلع ًءانب SDT. و JD-R ساسأ ىلع ةيرشبلا دراوملا مث ، )ةيميظنتلا ةيلمعلا ىوقتلا( ةيميظنتلا ىوقتلا موهفم عم م يمصتلا ىوتسم ىلع ميلعتلا ةدوج نيسحت .ناسحلإا كولس موهفم مييقتلا جذومن حرتقا و ، ةطقن 14 غنيميد موهفم حرتقا ذيفنتلا ىوتسم ىلع لمعلا ناكم يف ةيملاسلإا ةيناحورلا :ةيحاتفملا تاملكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:59
Last Modified: 30 Sep 2021 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15898

Actions (login required)

View Item View Item