PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI RA KHOIRON TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG

IZZAH, ALFAJRI (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI RA KHOIRON TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Izza Alfajri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran orang tua adalah faktor yang paling utama dalam kesuksesan anak dalam belajar di masa pandemi covid-19 ini. Dimana orang tua di haruskan menjadi sebagai pendidik, pembimbing, pendamping, motivator dan fasilitator untuk anak ketika pembelajaran di lakukan di Rumah. Setelah di lakukannya wawancara dengan guru dan orang tua dari kelas Abu Bakar RA Khoiron teluk Betung Utara Bandar Lampung di temukan beberapa gejala yang menunjukan kurangnya semangat belajar anak ketika saat pembelajaran dari rumah. Maka sangat di butuhkan peran orang tua dalam pembelajaran daring. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peran orang tua dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 RA Khoiron Teluk Betung Utara Bandar Lampung ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua selama proses pembelajaran daring masa pandemi covid-19 RA Khoiron Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan penelitian yaitu orang tua. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan adalah masih banyak orang tua yang belum menjalankan perannya secara optimal sebagai pendidik, pembimbing, motivator dan fasilitator dalam pembelajaran daring ini, namun mereka tetap berusaha menyediakan berbagai kebutuhan dan selalu berusaha membimbing dan mendampingi anak ketika proses pembelajaran daring berlansung serta mendampingi anak ketika mengerjakan tugas karyanya. Kata Kunci : Peran orang tua, Pembelajaran daring vABSTRACT The role of parents is the most important factor in children's success in learning during this COVID-19 pandemic. Where parents are required to be educators, mentors, companions, motivators and facilitators for children when learning is done at home. After conducting interviews with teachers and parents from the class of Abu Bakar RA Khoiron, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, it was found that several symptoms showed a lack of enthusiasm for children's learning when learning from home. So the role of parents is very much needed in online learning. The formulation of the problem in this study is "What is the role of parents in online learning during the Covid-19 pandemic RA Khoiron Teluk Betung Utara Bandar Lampung? The purpose of this study was to find out how the role of parents during the online learning process during the COVID-19 pandemic RA Khoiron Teluk Betung Utara Bandar Lampung. This type of research is descriptive qualitative research with parents. Data collection tools that the author uses in this study are observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, the writer can conclude that there are still many parents who have not carried out their role optimally as educators, mentors, motivators and facilitators in this online learning, but they still try to provide various needs and always try to guide and assist children when the online learning process takes place and Accompany children when doing their work. Keywords: The role of parents, online learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:32
Last Modified: 29 Sep 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15890

Actions (login required)

View Item View Item