ANALISIS INDIKATOR INSTRUMEN KECEMASAN, MOTIVASI, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS

Kiki, Afandi (2021) ANALISIS INDIKATOR INSTRUMEN KECEMASAN, MOTIVASI, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  Kiki Afandi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi indikator dari variabel laten yang dianalisis melalui pertanyaan pertanyaan yang ada. Variabel laten yang dianalisis ialah kecemasan, motivasi, dan kemandirian belajar matematika. Pada kecemasan belajar matematika terdapat 4 variabel indikator yaitu perasaan, fisik, pikiran, dan prilaku peserta didik.Pada motivasi belajar matematika memiliki 6 variabel indikator yaitu percaya diri, Fleksibel, Kerelaan meninggalkan kewajiban lain, ketekunan belajar, berani berpendapat, serta gigih dan ulet dan terurai pada 20 pertanyaan. Pada kemandirian belajar matematika ini memiliki 6 variabel indikator yaitu Progresif dan ulet, inisiatif, mengendalikan dari dalam, kemantapan diri, memperoleh kepuasan diri, dan tanggung jawab yang terurai pada 30 pertanyaan. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Lampung Utara dengan melibatkan 97 responden kelas XI.Teknik analisis faktor yang digunakan ialah Confirmatory Factor Analysis yang merupakan teknik analisis multivariate yang digunakan untuk mengkonfirmasi suatu variabel. Hasil yang didapat dari analisis faktor menggunakan LISREL terdapat 2 variabel laten yang dinyatakan sebagai model yang cukup baik yaitu kecemasan dan motivasi belajar sedangkan kemandirian belajar setelah dilakukan modifikasi dinyatakan sebagai model yang baik (memenuhi goodness of fit). Pada perhitungan analisis faktor menggunakan SPSS bahwasanya pada variabel kecemasan terdapat 4 variabel indikator yang sesuai dan tepat dengan 25 pertanyaan yang valid, pada variabel laten motivasi terdapat 2 variabel indikator dengan 7 pertanyaan yang valid, dan variabel kemandirian belajar terdapat 3 variabel indikator dengan 16 pertanyaan yang valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa indikator pada variabel kecemasan, motivasi, dan kemandirian belajar setelah dilakukan analisis dinyatakan sesuai dan tepat untuk mengukur masing masing variabel laten. Kata kunci : Kecemasan, Motivasi, Kemandirian, Confirmatory Factor Analysis iiAbstract This study aims to confirm the indicators of the latent variables analyzed through the existing questions. The latent variables analyzed were anxiety, motivation, and independence in learning mathematics. In mathematics learning anxiety there are 4 indicator variables, namely feelings, physical, thoughts, and behavior of students. The motivation to learn mathematics has 6 indicator variables, namely self-confidence, flexibility, willingness to leave other obligations, perseverance in learning, daring to think, as well as persistent and tenacious and decomposes into 20 questions. The independent learning mathematics has 6 indicator variables, namely progressive and tenacious, initiative, controlling from within, self- steadiness, gaining self-satisfaction, and responsibility which is broken down into 30 questions. This research was conducted at MAN 1 North Lampung involving 97 respondents in class XI. The factor analysis technique used is Confirmatory Factor Analysis which is a multivariate analysis technique used to confirm a variable. The results obtained from the factor analysis using LISREL there are 2 latent variables which are stated as a fairly good model, namely anxiety and learning motivation, while learning independence after modification is stated as a good model (meets goodness of fit). In the calculation of factor analysis using SPSS, there are 4 appropriate and appropriate indicator variables on the anxiety variable with 25 valid questions, on the motivational latent variable there are 2 indicator variables with 7 valid questions, and the learning independence variable there are 3 indicator variables with 16 questions that are valid. valid, so that it can be concluded that the indicators on the variables of anxiety, motivation, and learning independence after the analysis is declared appropriate and appropriate to measure each latent variable. Keywords: Anxiety, Motivation, Independence, Confirmatory Factor Analysis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:11
Last Modified: 29 Sep 2021 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15887

Actions (login required)

View Item View Item