PENGARUH MODEL MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

ERLY, INTAN SAFITRI (2021) PENGARUH MODEL MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERLY revisi-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SMAS Al-Azhar 3 Bandar Lampung diperoleh hasil bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning tidak dilakukan sesuai sintaks membuat peserta didik kurang dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh model multipel representasi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy peserta didik pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan dengan metode Quasy Experiment. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dari seluruh peserta didik kelas X SMAS Al-Azhar 3 Bandar Lampung, didapatkan sampel yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dua kali yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda dan angket self efficacy dengan skala likert yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas sehingga instrumen telah layak digunakan. Teknik analisis data menggunakan Multivariate Analisys Of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model multipel representasi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy peserta didik dengan perolehan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulanya yaitu (1) Terdapat pengaruh model multipel representasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMAS Al-Azhar 3 Bandar Lampung. (2) Terdapat pengaruh model multipel representasi terhadap self efficacy peserta didik di SMAS Al- Azhar 3 Bandar Lampung. (3) Terdapat pengaruh model multipel representasi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy peserta didik di SMAS Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Multipel Representasi, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2021 05:11
Last Modified: 28 Sep 2021 05:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15880

Actions (login required)

View Item View Item